Horeee, THR dan Gaji Ke-13 Cair, Euy!

0
126

CIANJUR, patas.id – Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, memastikan Aparatur Sipil Negara di Cianjur masih bakal mendapatkan tunjangan hari raya (THR) Idul Fitri dan gaji ke-13. Namun pemkab harus mengatur pos anggaran, lantaran menggunakan sisa-sisa anggaran yang ada, dengan total anggara diperkirakan mencapai Rp 14,5 miliar.

“Ini kan sudah perintah dari pusat, THR itu sumbernya APBD. Pasti dijalankan. Tidak membuat Cianjur defisit,” ujar dia kepada wartawan saat ditemui di Mapolres Cianjur, Selasa (5 Juni 2018).

Menurutnya, Pemkab Ciajur tidak merasa keberatan dengan adaya kebijakan pemberian THR dan gaji ke-13 ASN, namun pihaknya hanya memerlukan waktu untuk mengatur sisa-sisa anggaran yang ada dan dilaporkan ke DPRD Kabupaten Cianjur.

“Kami tidak merasa keberatan, meskipun sekarang dibebankan ke daerah. Kalau perintah masa harus berkeberatan,” tuturnya.

Dia mengatakan, total anggaran yang disiapjan untuk THR dan gaji ke-13 sekitar Rp 14,5 miliar untuk lebih kurang 14 ribu ASN. Rencananya, pekan depan kedua hak ASN tersebut sudah bisa dicairkan.

“Untuk besaran setiap ASN itu hitungannya ada di BPKAD. Pokoknya hingga batas ketentuan pemberian sudah bisa dicairkan,” tuturnya.

Seperti yang diketahui, Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kemenkeu, Nurfransa Wira Sakti, menjelaskan, pembayaran THR dan gaji ke-13 untuk ASN daerah merupakan tanggung jawab APBD. Dana untuk hal tersebut bersumber dari penerimaan umum APBD yang terdiri dari PAD (Pendapatan Asli Daerah), DBH (Dana Bagi Hasil), dan DAU (Dana Alokasi Umum) serta sumber penerimaan daerah lainnya.

Pemberian penghasilan tambahan melalui sumber APBD ini sudah diatur pula dalam Surat Mendagri kepada Gubernur dengan nomor 903/3386/SJ dan juga kepada Bupati/Walikota dengan nomor surat 903/3387/SJ dengan perihal pemberian THR dan Gaji 13 yang bersumber dari APBD. Pemberian THR diupayakan untuk dibayarkan pada minggu pertama bulan Juni 2018, sedangkan pembayaran Gaji 13 pada minggu pertama bulan Juli 2018.

Selain gaji pokok, PNS Daerah menerima juga tunjangan keluarga, tunjangan jabatan dan tunjangan kinerja.

Bahkan dalam surat tersebut disebutkan juga bagi daerah yang belum menyediakan anggaran THR dan Gaji 13 dalam APBD Tahun 2018, agar segera menyediakan anggaran tersebut dengan cara melakukan penggeseran anggaran yang dananya bersumber dari Belanja Tidak Terduga, penjadwalan ulang kegiatan, dana/atau menggunakan kas yang tersedia.

THR tahun diikuti gaji ke-13 yang mencakup satu bulan gaji pokok dan tunjangan. Kebijakan pemberian THR diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 19 tahun 2018.

Sedangkan pemberian gaji ke-13 diatur dalam PP 18 tahun 2018 tentang pemberian gaji ke-13. THR akan cair paling lambat 2 minggu sebelum Lebaran, sedangkan Gaji ke-13 cair Juli 2018. (isl)

Comments

comments