Wabup: Banyak Tugu Mau Dibangun

0
104

CIANJUR, patas.id – Pemerintah Kabupaten Cianjur menjelaskan soal pembangunan tugu mangkok dan bubur ayam di persimpangan Jalan Raya Pacet-Beunying di Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur. Pemkab mengklaim tugu tersebut dibangun untuk mengenalkan kuliner khas Cianjur kepada wisatawan.

“Bubur Cianjur kan dikenal di berbagai daerah, makanya agar wisatawan lebih tahu jika ada kekhasan panganannya, kami tunjukan melalui pembangunan tugu,” ujar Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman, kepada wartawan saat dihubungi melalui telepon seluler, Selasa (22 Mei 2018).

Menurut Herman, keterkenalan bubur Cianjur di berbagai daerah, termasuk banyaknya pedagang di sepanjang jalur wisata membuat Pemkab Cianjur mempertimbangkan jenis kuliner tersebut perlu dimonumenkan. “Kan supaya lebih tahu, ternyata ini bubur Cianjur teh,” kata dia.

Ditanya terkait perlunya dilibatkan tokoh, sejarawan, dan budayawan untuk pembuatan monumen atau tugu agar benilai estetika, Herman mengaku tidak terlibat jauh ke masalah teknis seperti itu.

Meski begitu, Herman mengungkapkan, pembangunan tugu tersebut menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Cianjur 2018 dengan nilai Rp 200 juta. Selain tugu tersebut, sejumlah tugu yang belakangan ini dibangun juga dibuat dengan nilai anggaran serupa.

“Sumbernya APBD, yang mengerjakan jelas dan aggarannya jelas, pengerjaannya juga jelas. Bisa dicek di dinas terkait,” ungkapnya. (daz/*)

Comments

comments