Harga Tugu Bubur Ayam 200 Juta

0
168

CIANJUR, patas.id – Komisi III DPRD Kabupaten Cianjur telah memanggil Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan Kabupaten Cianjur untuk menjelaskan masalah pembangunan tugu bubur di pertigaan Jalan Raya Pacet-Beunying, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur.

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Cianjur, Atep Hermawan Permana, menjelaskan, pembangunan tugu tersebut tidak ada dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) OPD 2018 yang dibahas bersama komisi. Namun, tiba-tiba muncul pembangunan tugu yang saat ini dipermasalahkan.

“Menurut pengakuan pihak dinas, pembangunan tugu tersebut muncul di perubahan parsial anggaran 2018 dengan nilai Rp 200 juta,” kata Atep saat dihubungi patas.id melalui sambungan telepon, Selasa (22 Mei 2018).

Atep mengatakan bahwa penggunaan anggaran parsial itu memang tidak perlu dibahas dengan komisi di DPRD, namun cukup pemberitahuan kepada Ketua DPRD.

“Jadi, untuk pembangunan tugu bubur itu tidak dibahas dengan komisi III karena anggarannya di perubahan parsial. Cukup pemberitahuan ke Ketua DPRD,” imbuh Atep.

Atep mengaku banyak ditanya soal pembangunan tugu bubur itu, namun tak bisa menjelaskan. “Tahun ini memang banyak pembangunan tugu yang dibahas bersama komisi III, seperti tugu buah kadu (duren) di Kecamatan Cikadu, tugu buah takokak di Kecamatan Takokak, tugu teh di Kecamatan Sukanagara, dan lain-lain. Namun, untuk tugu bubur itu tidak dibahas di komisi,” tandas Atep.

Sementara itu, Kabag Humas dan Keprotokolan Setda Kabupaten Cianjur, Gagan Rusganda, menerangkan, pembangunan tugu merupakan salah satu pembangunan pemerintah daerah dalam rangka penataan kota Cianjur. Menurut Gagan, pembangunan tugu ini untuk menampilkan ikon-ikon ciri khas Cianjur dengan tujuan memperindah dan mempercantik wajah kota Cianjur.

“Sekaligus mempromosikan produk- produk unggulan dan mengangkat budaya serta kearifan lokal, termasuk bubur ayam yang berlokasi di pertigaan Pacet yang merupakan posisi strategis sebagai gerbang wilayah kota Cianjur untuk mempromosikan kuliner ciri khas Cianjur,” kata Gagan.

Dia menambahkan bahwa alokasi anggaran tugu bubur ayam bersumber dari APBD 2018. “Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan sebagai pelaksana kegiatan tersebut,” tukasnya. (daz/*)

Pembangunan Tugu 2018
1. Tugu Bubur Ayam
2. Tugu Siliwangi
3. Tugu Kopi
4. Tugu Teh
5. Tugu Sport Center
6. Tugu Kuda Kosong

Comments

comments