Waduh, Kota Cianjur Diterjang Banjir

0
153

CIANJUR, patas.id – Hujan deras yang mengguyur wilayah Cianjur dan sekitarnya sepanjang Sabtu (7 April 2018) sore sampai malam hari menyebabkan Sungai Cianjur meluap dan menyebabkan banjir lumpur.

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut namun satu rumah ambruk dan puluhan rumah lainnya rusak berat di sekitar bantaran sungai.

Tak hanya rumah, beberapa kios dan toko komputer di Jalan Amalia Rubini juga ikut terendam lumpur.

Didin Wahidin (36 tahun), seorang pemilik toko komputer di Jalan Amalia Rubini, mengatakan, air mulai masuk ke rumah sekitar pukul 19.00 WIB.

“Banyak barang dan aksesori komputer ikut terendam, saya belum mendata barang lain hanya aksesori komputer sekitar Rp 10 juta terendam lumpur,” kata Didin, Minggu (8 April 2018).

Terlihat di bantaran sungai, sebuah pohon besar melintang dan menghambat sampah di bawahnya. Dugaan pohon besar dan sampah yang menghambat aliran air menyebabkan sungai meluap. Warga dibantu TNI, Polri, Satpol PP dan unsur lainnya saat ini sedang membersihkan aliran Sungai Cianjur yang terhambat pohon.

Data sementara banjir merusak puluhan rumah di 1 kelurahan dan 2 desa. Di Kelurahan Sayang Cianjur, data sementara 10 rumah rusak berat, 20 rumah rusak ringan, 50 rumah terendam banjir, lokasinya berada di Gang Rinjani, Gang Samboja, Kampung Baru, dan Kampung Sayang Kulon.

Di Desa Sukamaju data sementara 7 rumah terendam banjir, lokasi Kampung Munjul, Desa Sukamaju.

Di Desa Sirnagalih, Cilaku, data sementara 7 rumah terendam banjir di Kampung Ciharashas, Desa Sirnagalih.

Saat ini Jalan Amalia Rubini di wilayah kota masih terendam lumput dengan kedalaman rata rata 10 sentimeter. (daz/*)

Comments

comments