Latihan Siaga Bencana Melalui Mading

0
353

CIANJUR, patas.id – Ratusan pelajar SMP dan SMA/SMK se-Jawa Barat diajak untuk siaga bencana. Selain itu, pelajar yang juga tergabung dalam Palang Merah Remaja (PMR) itu juga didorong untuk menjadi remaja sehat peduli sasama.

Pembinaan kesiapsiagaan bencana itupun dikemas dalam lomba majalah dinding dua dimensi dengan tema “Ayo Siaga Bencana” dan “Remaja Sehat Peduli Sesama (RSPS)” yang digelar di salah satu universitas di Cianjur.

Kepala Markas PMI Kabupaten Cianjur, Hery Hidayat, mengatakan, perlombaan yang diikuti sekitar 500 peserta dari anggota Palang Merah Remaja (PMR) baik PMR Madya/SMP maupun PMR Wira/SMA itu bertujuan untuk menanamkan kesadaran terkait kesiagaan terhadap bencana.

Apalagi, belakangan ini cuaca buruk terus terjadi hingga mengakibatkan bencana alam di sejumlah wilayah di Jawa Barat, tidak terkecuali di Kabupaten Cianjur. Maka dari itu, perlu adanya pengetahuan bagi para remaja terkait bencana alam dan upaya kesiagaannya.

“Melalui mading yang dibuat oleh masing-masing peserta, ada pendidikan yang diberikan untuk kesiapsiagaan bencana. Mereka bisa mencari tahu sendiri dan menuangkannya dalam karya supaya mudah dipahami. Dengan begitu, pembinaan kebencanaan bisa ditanam sejak dini,” kata dia, Minggu (25 Februari 2018).

Menurutnya, kegiatan rutin yang digelar oleh salah satu universitas di Cianjur itu juga bertujuan untuk evaluasi dan edukasi seputar materi kepalangmerahan. Selain itu diharapkan mampu memupuk rasa persaudaraan antar sesama relawan serta memotivasi para anggota PMR untuk lebih giat berlatih dan mengembangkan organisasinya dalam melanjutkan berbagai kegiatan kemanusiaan.

“Kegiatan seperti ini rutin dilaksanakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Korps Sukarela (KSR) unit perguruan tinggi Unsur Cianjur. Ini juga jadi program tahunan, untuk bahan peningkatan kapasita para sukarelawan muda PMI yang tergabung melalui kegiatan PMR. Kepedulian terhadap sesama juga dipupuk melalui semaja sehat peduli sesama,” ungkapnya.

Menurutnya, dalam even yang merupakan rangkaian dis natalis civitas akademika mahasiswa Unsur ini, tak hanya mata lomba jenis mading, berbagai mata lomba lainya pun digelarnya untuk seperti Lomba Pertolongan Pertama, Tandu Darurat, PMR Pintar, dan Mojang Jajaka (Moka) PMR.

Sementara itu salah satu peserta dari perwakilan PMR SMAN 1 Cianjur, Kuvita, mengaku senang menjadi perwakilan dalam kegiatan lomba mading ini. Menurut dia, selain bisa mengembangkan minat dan hobi dalam karya seni mading dan menggambar, dia bisa bertemu dan bersilaturahmi dengan para anggota PMR lainnya diacara ini.

“Melalui mading ini kami dapat memberikan pesan kepada teman-teman sebaya lainnya akan pentingnya menolong sesama dan kesiapsiagaan bencana di sekolah,” tuturnya. (isl)

Comments

comments