Kantor Kecamatan Leles Nyaris Ambruk

0
152

CIANJUR, patas.id – Kondisi Kantor Kecamatan Leles, Kabupaten Cianjur, nyaris ambruk. Kayu pada bagian atap dan langit-langit di setiap ruangan dalam kondisi lapuk dan rusak parah. Kerusakan parah terlihat di ruangan aula bagian tengah.

Nyaris ambruknya kantor kecamatan membuat pelayanan kepada warga menjadi terganggu. Ruangan yang nyaris ambruk tersebut beberapa di antaranya dibiarkan kosong karena material kayu dan bangunan yang bercampur air berserakan di lantai.

Kepala Seksi Pembangunan Kecamatan Leles, Elan Jaelani, mengatakan, kantor kecamatan tersebut sudah tak tersentuh lagi pembangunan sejak tahun 1995.

“Memang, saat ini kondisinya sangat memprihatinkan, beberapa kayu penyangga atap sudah lapuk,” ujar Elan saat dihubungi wartawan, Rabu (14 Februari 2018).

Elan mengatakan, tidak hanya di dalam ruangan kondisi kayu yang sudah lapuk tersebut. Pada bagian luar juga terdapat beberapa kayu yang sudah lapuk. Posisinya menjuntai dan berbahaya jika terkena angin kencang.

“Kalau hujan turun ruangan basah semua, banyak yang bocor air kadang tak tertampung,” katanya.

Air yang jatuh sudah berwarna keruh karena membawa material kayu yang sudah lapuk dan meninggalkan bekas warna di dinding dan lantai ruangan.

Di bagian dinding luar ruangan bangunan sudah terlihat retak. Retakan terlihat sudah lama dibiarkan karena di sisi dan daerah retakan tersebut sudah ditumbuhi lumut.

Lalu di beberapa ruangan, genting-genting yang berada di atap sudah bolong. Sinar matahari bisa terlihat karena selain genting yang bolong, langit-langit ruangan juga sudah hancur.

“Kami sudah mengajukan permohonan bantuan perbaikan untuk kantor, tapi belum ada juga,” kata Elan.

Elan mengatakan, selain karena beberapa kali diguncang gempa, lapuknya kayu pada bagian atap kantor karena cuaca hujan deras dan angin kencang yang menerjang kawasan Leles.

Jika dilihat sepintas dari depan kantor ini tak memperlihatkan kerusakan. Namun jika masuk lebih dalam maka akan jelas terlihat beberapa kerusakan dikarenakan lapuknya kayu penyangga.

Lokasi Kantor Kecamatan Leles berada di selatan Cianjur bisa ditempuh sekitar enam jam perjalanan dari pusat pemerintahan Cianjur. (daz/*)

Comments

comments