Longsor, 12 Rumah Rusak di Batulawang Cipanas

0
285

CIANJUR, patas.id – Hujan yang mengguyur kawasan Cipanas, Cianjur, membuat 12 rumah rusak di Kampung Sindanglangu RT 05/RW 11 Desa Batulawang Kecamatam Cipanas Kabupaten Cianjur, Selasa (13 Februari 2018).

Kepala Desa Batulawang, Nanang Rohendi, mengatakan longsor terjadi di zona rawan bencana pergerakan tanah apabila curah hujan tinggi.

“Curah hujan yang tinggi berpengaruh terhadap rumah yang memang sebelumnya sudah mengalami retak,” ujar Nanang saat dihubungi, Selasa (13 Februari 2018).

Nanang mengatakan, pemerintah desa segera melakukan tindakan dengan mendata kembali jumlah rumah yang terdampak dan mengimbau kepada warga di sekitar untuk lebih waspada lagi.

Di Batulawang longsor menerjang beberapa titik yakni Kampung Sindanglangu RT 05/RW 11, jalan penghubung antara Kampung Lembur Warung dengan Kampung Garung telah terjadi pergeseran tanah dengan panjang jalan 150 meter dengan luas pergeseran sekitar lima hektar.

Rumah yang terkena dampak pergeseran tanah dengan kondisi rusak berat dan rusak ringan antara lain, rusak berat milik Dedeh (37 tahun), Bebed (38 tahun), dan Odih (48 tahun). Rumah yang mengalami rusak ringan ada sembilan rumah.

Menurut Dadang, pergeseran tanah di daerah tersebut sudah terjadi sejak awal tahun 2017 dan saat ini dengan intensitas curah hujan yang sangat tinggi kembali mengakibatkan longsor.

Daerah Desa Batulawang mayoritas tanah labil (tanah merah) dan banyak bangunan warga yang berada di atas bukit sehingga tidak kuat menahan beban.

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut hanya kerugian materil, adapun masyarakat yang rumahnya mengalami rusak ringan masih tinggal di rumah masing-masing dan yang rusak berat pindah ke tempat lain. (daz/*)

Comments

comments