KPU Sampaikan Hasil Verifikasi Parpol Peserta Pemilu 2019

0
191

CIANJUR, patas.id – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Cianjur menyampaikan rekapitulasi hasil verifikasi kepengurusan dan keanggotaan partai politik calon peserta Pemilihan Umum 2019 tingkat Kabupaten Cianjur. Penyampaian hasil verifikasi tersebut digelar di Hotel Yasmin, Cipanas, Cianjur, Kamis (8 Februari 2018).

Kegiatan ini dihadiri 100 orang perwakilan partai politik yang terdiri dari ketua, sekretaris, dan bendahara serta petugas penghubung (LO) dan Partai Politik, dan Panwaslu Kabupaten Cianjur. Partai politik yang hadir adalah Partai NasDem, PKS, PKB, Gerindra, PPP, PDI Perjuangan, Demokrat, Golkar, PBB, Hanura, PAN, PKP Indonesia, Perindo, Berkarya, Garuda, dan PSI.

Komisioner Divisi Hukum KPU Kabupaten Cianjur, Selly Nurdinah, menjelaskan, hal yang diverifikasi meliputi kepengurusan dan keanggotaan partai politik. Menurut dia, kepengurusan partai politik meliputi kepengurusan inti yaitu Ketua, Sekretaris dan Bendahara, memperhatikan 30 persen keterwakilan perempuan dalam kepengurusan partai politik, dan domisili kantor tetap partai politik.

“Sedangkan verifikasi keanggotaan yaitu untuk membuktikan kebenaran adanya keanggotaan minimal 1.000 anggota sebagaimana yang disyaratkan dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu,” ujar Selly dalam rilis yang dikirim kepada patas.id, Jumat (9 Februari 2018).

Sebelumnya, KPU Kabupaten Cianjur sudah melakukan verifikasi faktual terhadap 12 Parpol lama dan 4 parpol baru calon peserta Pemilu 2019 sejak bulan Oktober 2017 sampai 6 Februari 2018.

Selly mengatakan, verifikasi untuk kepengurusan hasilnya semua parpol telah memenuhi syarat. Sedangkan untuk verifikasi keanggotaan hanya ada 1 parpol yang tidak memenuhi syarat. Hasil rekapitulasi tersebut untuk selanjutnya akan diteruskan ke KPU RI melalui KPU Jawa Barat. Untuk hasil akhir rekapitulasi secara nasional menunggu keputusan KPU RI.

‚ÄúDimulai dari pendaftaran parpol calon peserta Pemilu 2019 di tingkat KPU RI tanggal 3 Oktober 2017 dan di tingkat KPU kabupaten/kota, penerimaan berkas atau dokumen persyaratan keanggotaan yang sebelumnya di-upload oleh parpol melalui sistem informasi partai politik (Sipol). Sampai dengan hari ini rapat pleno penyampaian berita acara rekapitulasi hasil penelitian administrasi dan verifikasi parpol calon peserta pemilu tahun 2019 berjalan dengan lancar tanpa kendala apapun meskipun prosesnya sangat panjang tapi alhamdulillah berjalan dengan baik,” ujar dia.

Selly menambahkan, pada tanggal 11 Februari akan dilakukan rekapitulasi di tingkat provinsi dan pada tanggal 13 Februari KPU Jawa Barat menyampaikan ke KPU RI. Kemudian tanggal 15 Februari dilakukan rekapitulasi secara nasional di KPU RI.

“Pada 17 Februari ditetapkan hasil rekapitulasi secara nasional oleh KPU RI serta 18 Februari ada pengundian dan penetapan nomor urut parpol. Itu adalah proses atau tahap awal menjelang kontestasi pemilu yang akan digelar pada tanggal 17 April tahun 2019,” tandasnya. (daz/*)

Comments

comments