Pohon Tumbang di Ciherang, Kendaraan Antre Panjang

0
204

CIANJUR, patas.id – Hujan deras disertai angin kencang sejak Kamis (30 November 2017) dini hari hingga menjelang siang membuat pohon besar di Jalan Raya Ciherang Kecamatan Pacet tumbang, sekitar pukul 07.00 WIB. Tak ada korban dalam kejadian itu, namun arus kendaraan dari dua arah sempat terhenti hingga lebih dari dua jam.

KBO Satlantas Polres Cianjur, Iptu Muhaimin, mengungkapkan, tumbangnya pohon yang sudah berusia puluhan tahun itu diduga karena kencangnya terjangan angin yang terjadi di wilayah itu.

“Butuh waktu dua jam untuk evakuasi, hingga arus dari dua arah kembali dapat dilalui. Karena pohon yang melintang di badan jalan berdiameter sangat besar,” ungkap Muhaimin kepada wartawan.

Muhaimin mengimbau para pengendara agar lebih berhati-hati dan waspada dengan berbagai potensi bencana akibat kondisi cuaca buruk yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir.

“Agar lebih berhati-hati, terutama saat kondisi cuaca hujan dan angin besar. Hindari berhenti di bawah pohon, karena berpotensi tumbang,” imbaunya.

Muhaimin menyebutkan, kini arus lalu lintas dari dua arah di seputaran lokasi pohon tumbang sudah dapat dilalui kendaraan.

“Arus kendaraan sudah kembali normal, petugas masih melakukan pengaturan akibat antrean kendaraan tadi,” ucapnya.

Sementara itu, Emma (26 tahun), seorang pengguna jalan, menyebutkan ia harus menunggu proses evakuasi pohon tumbang itu hingga dua jam.

Emma mendorong agar dinas terkait segera melakukan upaya dengan memangkas atau menebang sejumlah pohon yang berada di kiri dan kanan jalan yang sudah berumur tua dan berpotensi tumbang.

“Segera lakukan pemangkasan dan penebangan, jangan nunggu tumbang dulu. Apalagi saat ini kondisinya hujan disertai angin kencang, bisa bahaya jika dibiarkan,” jelas Emma. (isl)

Comments

comments