Menjaga Ruh Pahlawan dengan Kerukunan Sesama Umat

0
172

CIANJUR, patas.id – Wakil Bupati Cianjur, Herman ‎Suherman, mengajak generasi muda menjaga persaudaraan antarumat. Hal itu dilakukan untuk meneruskan perjuangan para pahlawan dengan menjaga keutuhan bangsa.

“Kehidupan bernegara ini terwujud karena dulu para pejuang mau bersatu, tak peduli dengan ras, golongan, suku atau apapun. Hal yang paling penting bisa meraih kemerdekaan melalui persatuan itu. Sekarang waktunya kita yang meneruskannya,” ujar dia kepada wartawan usai peringatan Hari Pahlawan, Jumat (10 November 2017).

Menurutnya, Indonesia bisa merdeka dan tetap ada karena para pendahulu yang mau berkorban dan mau memberi atau berkontribusi di dalamnya. “Di saat ini, kita bisa ikut berkorban dengan menjadi generasi yang mampu turut serta memajukan pembangunan, baik SDM ataupun infrastruktur,” ucapnya.

Oleh karena itu, dengan peringatan hari pahlawan bertemakan perkokoh persatuan untuk pembangunan negeri, semua pihak bisa mengambil pembelajaran dari sejarah.

“‎Diharapkan semangat perjuangan itu bisa mendorong pemuda atau generasi ke depan ikut bersemangat membangun negeri. Tidak menyia-nyiakan waktu untuk belajar demi mempertahankan kemerdekaan,” ucapnya.

‎Di sisi lain, Ketua Dewan Pendidikan Cianjur, Ujang Awaludin, menuturkan, mengingat dan mengambil pelajaran dari sejarah memang harus dilakukan, sehingga generasi ke depan bisa lebih baik. 

Namun, di samping pahlawan nasional, perlu dikenalkan juga pahlawan di daerah, baik yang sudah ikut berkontribusi di tingkat nasional ataupun lokal. Misalnya KH Abdullah bin Nuh dan pahlawan-pahlawan lokal lainnya. Hal itu dilakukan agar para pemuda Cianjur tahu jiga di daerahnya sendiri pun ‎punya sosok pahlawan. 

“Ketika ada kebanggaan, maka mereka akan terdorong untuk ikut berkontribusi meneruskan apa yang telah diraih oleh para pejuang,” tuturnya. (isl)

Comments

comments