Pelanggar Didominasi Pengendara Tanpa Helm

0
211

CIANJUR, patas.id – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Cianjur tak hentinya melakukan penindakan kepada para pengendara yang melanggar aturan lalu lintas di hari kesembilan pelaksanaan Operasi Zebra Lodaya 2017, Kamis (9 November 2017).

Ratusan kendaraan bermotor, mulai dari sepeda motor, mobil, truk, dan angkutan penumpang dan barang tak luput dari pemeriksaan petugas pada operasi lalu lintas yang digelar di Jalan Raya Cianjur-Cibeber, Pasirsembung, Kecamatan Cilaku.

Dalam operasi lalu lintas hari kesembilan itu, jajaran Satlantas Polres Cianjur berhasil menindak 490 pelanggar lalu lintas, yang di antaranya 460 pelanggar diberikan surat bukti pelanggaran (tilang, red), dan 30 pelanggar diberikan surat teguran.

Kasat Lantas Polres Cianjur, AKP Rendy Setia Permana, melalui Kepala Bagian Operasi (KBO) Satuan Lalu Lintas, Iptu Muhaimin, menjelaskan, pada hari kesembilan operasi lalu lintas yang digelar serentak di seluruh Indonesia itu pelanggaran didominasi oleh pengendara yang tidak menggunakan pelindung kepala (helm, red).

Orang kedua di Satlantas Polres Cianjur itu, menyebutkan, jajarannya masih fokus pada penindakan pelanggaran yang menjadi prioritas, yaitu penggunaan lampu rotator bagi kendaraan sipil, melawan arus, berkendara atau parkir di atas trotoar, dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB).

“Hari kesembilan ini, kami menindak 490 pelanggar. Sebagian besar pelanggar merupakan pengendara motor yang tidak menggunakan helm, yang jumlahnya mencapai 113 pelanggar,” jelas Muhaimin, kepada wartawan, di sela-sela kegiatan, Kamis (9 November 2017).

Sementara itu, untuk barang bukti yang berhasil diamankan, sebut Muhaimin, untuk Surat Izin Mengemudi (SIM) 73 lembar, Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) 375 lembar, dan kendaraan bermotor yang tak dilengkapi dengan surat kendaraan sebanyak 12 unit.

“Para pelanggar kami kenakan tindakan dengan tilang elektronik (e-tilang). Hal ini untuk memudahkan dalam mengurus tilang tanpa harus melalui proses sidang di pengadilan. Mereka dapat langsung membayar denda tilang di bank yang telah ditunjuk atau melalui m-banking,” ucapnya. (wan)

Comments

comments