Angkutan Barang Jadi Sasaran Operasi Zebra Hari Kedelapan

0
138

CIANJUR, patas.id – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Cianjur masih terus menggelar Operasi Zebra Lodaya 2017 hingga tanggal 14 November 2017 mendatang. Ribuan pelanggar lalu lintas berhasil jaring petugas pada operasi yang digelar sehari dua kali itu.

Pada hari kedelapan pelaksanaan operasi lalu lintas yang digelar serempak di seluruh wilayah di Indonesia itu, Rabu (8 November 2017), Satlantas Polres Cianjur fokus pada pemeriksaan dan penindakan angkutan barang yang melintas di ruas Jalan Raya Sukabumi, Gekbrong.

Kasat Lantas Polres Cianjur AKP Rendy Setia Permana, melalui Kepala Bagian Operasi (KBO) Satlantas, Iptu Muhaimin, mengungkapkan, selain menindak pengendara yang melanggar aturan lalu lintas, pihaknya juga difokuskan dengan pemeriksaan angkutan barang.

Hal itu, jelas Muhaimin, untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas di ruas jalan tersebut, akibat lebih muatan.

“Hari ini, kami fokuskan pada penindakan armada barang. Sebab, jalur ini rawan kecelakaan terutama bagi kendaraan besar, seperti truk dan tronton,” jelas Muhaimin, kepada wartawan, Rabu (8 November 2017).

Muhaimin menuturkan, ruas Jalan Raya Sukabumi, Gekbrong, merupakan satu di antara titik rawan kecelakaan (black spot) yang ada di wilayah hukum Cianjur.

“Beberapa kali kejadian kecelakaan yang menyebabkan belasan korban tewas terjadi di ruas ini. Dari kejadian tersebut, salah satu penyebabnya karena kelebihan muatan, dan kesalahan pengendara (human error),” tuturnya.

Selain untuk menekan angka kecelakaan, sebut Muhaimin, pemeriksaan angkutan barang juga untuk mengantisipasi masuknya barang-barang ilegal atau terlarang ke wilayah hukum Polres Cianjur.

Muhaimin menyebutkan, hingga hari kedelapan pelaksanaan Operasi Zebra Lodaya 2017, jajaran Satlantas Polres Cianjur berhasil menindak 4.397 pelanggar. Dari jumlah tersebut, 3.327 pelanggar diberi surat bukti pelanggaran (tilang, red) dan 1.070 pelanggar diberi surat teguran.

“Para pengendara tak perlu takut dengan digelarnya Operasi Zebra Lodaya 2017 ini. Selama mereka tidak melakukan pelanggaran lalu lintas. Petugas tidak akan mencari-cari kesalahan pengendara,” ucapnya. (wan)

Comments

comments