Nama Raja Salman Dicatut Pengumpul Paspor TKW

0
206

CIANJUR, patas.id – Nama raja Arab Saudi, Raja Salman, dicatut oleh pengumpul paspor di wilayah Cianjur. Para pemilik paspor yang rata-rata mantan TKW di Timur Tengah dijanjikan akan diberi insentif jika mengumpulkan paspor mereka oleh Raja Salman.

Hal tersebut terungkap saat Disnaker Kabupaten Cianjur mendapat laporan dari warga soal adanya pengumpulan paspor di beberapa wilayah kecamatan di Cianjur.

“Modus pertama dengan mencatut nama raja Arab Saudi, lalu di wilayah lainnya mencatut petinggi di kementerian, saya menduga beberapa pelaku ini adalah orang yang sama,” kata Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Cianjur, Heri Suparjo, Selasa (31 Oktober 2017).

Heri mengatakan, beberapa kecamatan yang warganya diminta mengumpulkan paspor antara lain di Cikalongkulon, Pagelaran, Sukaluyu, Cibeber, Warungkondang, dan terakhir wilayah Gekbrong.

Heri menambahkan, pihaknya sudah melaporkan kepada pihak Kantor Imigrasi dan Kemenaker terkait adanya kegiatan pengumpulan paspor yang diduga sudah berlangsung selama tiga bulan tersebut.

“Setelah kami konfirmasi ke pusat tak ada program itu, kami khawatir ada penyalahgunaan karena paspor bersifat pribadi dan mengandung privasi,” katanya.

Dari keterangan, jumlah mantan TKW yang sudah mengumpulkan paspor diduga sudah mencapai ribuan. Untuk wilayah Gekbrong yang terbaru sudah terkumpul seribu paspor, untuk Cibeber 500 paspor, belum kecamatan yang lainnya.

Heri mengatakan pihaknya sudah dihubungi oleh Dirjen Kemenkumham yang mempertanyakan kabar adanya jual beli paspor di Cianjur.

“Saya tegaskan bahwa itu tak ada sangkut pautnya dengan Disnaker,” ujarnya. (daz)

Comments

comments