Jalan Amblas di Desa Cimanggu Mulai Diperbaiki

0
283

CIANJUR, patas.id – Jalan penghubung antardesa di Desa Cimanggu Kecamatan Cibeber ‎Kabupaten yang amblas beberapa hari lalu mulai diperbaiki. Pasalnya, jalan tersebut dibutuhkan warga untuk akses sehari-hari.

Kepala Desa Cimanggu, Apendi, mengatakan, pihaknya mengambil langkah setelah berkoordinasi dengan pendamping desa dan kecamatan. Namun, dia sempat ragu, sebab jalan yang amblas tersebut diperbaiki menggunakan dana talang.

Tetapi, kebutuhan warga terhadap jalan penghubung tiga desa membuat pihaknya menyegerakan pembangunan dan perbaikan dengan pembetonan.

“Saya awalnya bingung karena jalan yang amblas itu menggunakan dana desa sementara anggaran belum keluar. Tapi setelah berkoordinasi dengan pendamping bisa saja pakai dana talang asal ada berita acara, karena ini sifatnya darurat,” kata dia kepada wartawan, Rabu (25 Oktober 2017).

Menurut Apendi, setelah digelar rapat dengan berbagai pihak, keputusan untuk perbaikan jalan yang amblas itu diambil. “Setelah kami rapat dengan para pihak dan ada hasil kesepakatan yang dituangkan dalam berita acara, maka kami perbaiki dan rencananya dipondasi supaya kuat,” ucapnya.

Dia mengatakan, perbaikan jalan itu dilakukan dengan cara dipondasi dari bagian bawah tebing hingga permukaan jalan. Jika tidak begitu, lanjut dia, dikhawatirkan tanahnya amblas lagi, apalagi hujan hampir turun setiap hari.

“Hal terpenting ke depan tidak amblas lagi. Kami harapkan ada bantuan juga dari pemerintah supaya bisa lebih kokoh. Apalagi ini kan akses penting untuk warga di tiga desa di Kecamatan Cibeber,” ucapnya.

‎Sebelumnya, jalan alternatif penghubung tiga desa di Kecamatan Cibeber amblas sedalam sepuluh meter, Sabtu (22 Oktober 2017) sore. Akibatnya, warga tidak bisa melintasi jalan utama tersebut, jikapun harus melintas, pengguna sepeda motor harus sangat hati-hati.

Peristiwa tersebut diawali dengan hujan deras yang mengguyur wilayah itu. Tidak lama setelah hujan, jalan Desa Cimanggu antara Kampung Bolang-Pasir Ibrahim sepanjang satu kilometer dan baru rampung dirabat beton itu amblas. (isl)

Comments

comments