Potensi Bencana Terjadi di Mana-mana

0
179

​CIANJUR, patas.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur harus bekerja ekstra menyisir seluruh wilayah di Cianjur selatan yang terdampak bencana. Apalagi selama sepekan ini bencana terjadi hampir setiap hari.

Plt Kepala BPBD Kabupaten Cianjur, Asep Suparman, mengatakan, sejak dua pekan terakhir, Cianjur diterjang banyak bencana alam, khususnya untuk di wilayah Cianjur selatan. Bencana yang terbesar terjadi di Kecamatan Takokak, sementara bencana-bencana kecil lainnya terjadi di Kecamatan Agrabinta, Naringgul, Tanggeung, dan sejumlah kecamatan lainnya.

“Memang bencana saat ini banyak terjadi di Cianjur selatan. Apalagi di pekan ini, hampir setiap hari. Terakhir terjadi longsor yang menutup jalan di Kecamatan Leles,” kata Asep.

Menurut dia, banyaknya titik bencana membuat BPBD harus membagi tim untuk menyebar ke setiap titik bencana. Hal itu dilakukan untuk melakukan assesment hingga penanganan darurat kebencanaan.

“Anggota kami ada 35 orang, itupun 3 di antaranya siaga di kantor. Selebihnya terpusat di Takokak dan sebagian menyebar ke setiap titik bencana. Kami rasa masih cukup, sebab ada bantuan dari relawan di setiap daerah. Tapi memang butuh kerja ekstra, apalagi Cianjur ini luas dengan resiko bencana di setiap wilayahnya,” kata dia.

Asep menambahkan, dengan tenaga petugas yang terbatas, dirinya mengharapkan peran kepala desa dan camat lebih optimal. Salah satunya untuk penanganan sementara bencana hingga normalisasi akses jalan jika terjadi penutupan.

“Selain dari laporan ke petugas, tentu peran serta mereka harus lebih diutamakan. Kami pun pasti turun dan melibatkan instansi lain, misalnya terjadi longsor yang menutup akses jalan, segera dinormalisasi oleh PUPR,” kata dia.

Menurutnya, saat ini BPBD terus berfokus ke titik bencana yang dampaknya besar, terutama Takokak. Pasalnya di kawasan tersebut masih terjadi pergerakan tanah.

“Setelah dirasa normal, kami segera lakukan penanganan pascabencana dengan merelokasi korban terdampak bencana,” ucapnya. (isl)

Comments

comments