BNNK: Bandar Narkoba Skala Besar Beroperasi dari dalam Lapas

0
206

CIANJUR, patas.id – Di Cianjur masih terdapat bandar narkoba berskala besar, bahkan operasinya ada juga yang dilakukan dari dalam lapas. Akibatnya peredaran narkoba terus terjadi dan perlu semua pihak untuk mengawasi.

Hal tersebut diungkapkan oleh Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Cianjur saat melakukan sosialisasi tentang narkoba terhadap awak media elektronik dan cetak di Kabupaten Cianjur di Kantor BNNK Cianjur, Rabu (6 September 2017).

“Berdasarkan data dan hasil penelusuran, masih ada pengendalian dari dalam lapas,” ujar Kepala BNNK Cianjur, Drs Basuki, usai sosialisasi.

Menurutnya, rangkaian atau gembong narkoba tersebut yang mesti diputus. Namun modus operandi dan jenis narkoba yang semakin beragam, juga menjadi salah satu yang menghambat pemberantasan narkoba dan rangkaiannya tersebut.

“Yang sekarang menyasar tidak hanya pada orang dewasa, tapi sampai anak-anak. Pola penyebaran yang sudah luas itu jadi sulit memutuskannya. Meski begitu perlu diupayakan agar di Cianjur bisa diberantas.” 

Basuki menuturkan, tingkat kemiskinan ternyata juga menjadi faktor tingginya penyebaran, sebab mereka akan ditawari dan selanjutnya menjadi pengguna yang ketergantungan. Namun yang paling parah, penyebarannya akan sulit ditekan jika ada oknum aparat pemerintahan atau penegak hukum yang terlibat dalam perdagangannya.

“Maka dari itu, perlu ada keterlibatan semua pihak,” ucapnya seraya meminta wartawan ikut menyosialisasikan gerakan anti narkoba dan menyadarkan warga bahayanya barang haram tersebut.

“Kami tidak bisa bekerja sendiri, diharapkan wartawan juga bisa berpartisipasi.”

Basuki menyatakan bahwa petugas BNNK Cianjur juga akan dipersenjatai, terutama mereka yang bertugas di lapangan dan lulus persyaratan. “Tembak di tempat bagi gembong atau bandar sesuai apa yang disampaikan pimpinan tertinggi itu situasional, kalau ada ancaman tentu harus ada pembelaan diri,” ucapnya. (isl)

Comments

comments