Ratusan Santri dan Ulama Cianjur Aksi Bela Palestina

0
337

CIANJUR, patas.id – Ratusan santri dan ulama di Cianjur menggelar longmarch dan istigosah sebagai bentuk dukungan bagi umat Islam di Palestina. Keterkaitan sejarah Indonesia dengan Palestina yang dimotori ulama dari Cianjur pun menjadi dorongan lebih kepedulian terhadap korban kekejian Israel tersebut.

Dalam aksi yang digelar sekitar pukul 15.00 WIB itu, para santri berjalan dari Masjid Agung Cianjur menuju halaman parkir Cianjur Supermall. Bendera Indonesia yang bersanding dengan bendera Palestina pun menghiasi longmarch tersebut.

Gema takbir terus dikumandangkan peserta aksi damai pada Selasa (1 Agustus 2017) tersebut. Bahkan ketika sampai halaman Cianjur Supermall, salawat yang dilantunkan para ulama menyambut mereka.

Koordinator Aksi Bela Al-Aqsa, Abdul Wahid, mengatakan, ‎aksi yang dicetuskan para ulama dan didukung oleh Pemkab Cianjur, merupakan kontribusi Umat Islam Kota Santri pada saudara seiman di Palestina.

“Gempuran Israel pada Palestina dan larangan masuk Masjid Al-Aqsa yang merupakan masjid tersuci ketiga Umat Islam menjadi perhatian kami. Mereka juga harus kita bela, sebagai sesama umat,” kata dia.

‎Menurutnya, niilai kesejarahan antara Indonesia dengan Palestina, khususnya melalui salah satu ulama Cianjur yakni KH Abdullah Bin Nuh juga mengikat hubungan dan dukungan tersebut.

“Kemerdekaan Indonesia tidak lepas dari pengakuan Palestina, setelah KH Abdullah bin Nuh menyampaikan kabar kemerdekaan‎. Kini kita yang harus ikut memberikan dukungan demi kemerdekaan mereka.”

‎Menurutnya, selain dari doa bersama, peserta aksi dari berbagai Pondok Pesantren dan Ormas Islam memberikan bantuan dana yang disalurkan melalui Komite Nasional Rakyat Palestina dan ulama Palestina yang kebetulan datang ke Cianjur.

“Sejak Jumat kami galang dana dan sudah terkumpul Rp 75 juta, dan diharapkan dengan aksi ini bisa terus bertambah. Selain itu, kami juga doakan mereka diberi keberkahan serta segera dimerdekakan.”

‎Muhammad Dagus (21 tahun) salah seorang peserta aksi, mengaku ingin terlibat karena peduli dengan Umai Islam di sana yang selalu ditindak. Dia pun tidak hanya membantu dari mendoakan namun juga menyisihkan uangnya demi mereka.

‎”Meski tak banyak saya ingin membantu mereka (rakyat Palestina),” katanya. (isl)

Comments

comments