Pawai Lampu Gentur Hiasi Malam Lebaran

0
494

CIANJUR, patas.id – Puluhan perajin lampu gentur dan santri di Cianjur gelar pawai menyambut malam Idul Fitri‎ 1438 H sekaligus meresmikan tugu lampu gentur, Sabtu (23 Juni 2019) malam. Mereka berjalan beriringan di sepanjang Jalan KH Abdullah Bin Nuh menuju tugu bundaran Cianjur di dekat pos 8 Cepu sambil menenteng lampu gentur. Beragam model lampu khas kampung gentur ‎dengan lilin sebagai penerangan di dalamnya dibawa.

Iring-irinan yang dikawal pihak kepolisian dan didampingi Pejabat Pemkab Cianjur itu jadi pusat perhatian bagi warga Cianjur yang sedang beraktivitas serta para pemudik yang melintas Cianjur.

Takbir pun berkumandang dari para santri dan perajin lampu gentur, sebagai bentuk rasa syukur sudah melewati Ramadan untuk menuju kesucian menghadapi Idul Fitri. Apalagi, lampu khas yang pada mulanya digunakan untuk sarana penerangan mengaji bisa diwujudkan menjadi sebuah tugu yang mewah dengan tulisan Muhammad dalam bahasa Arab di puncaknya.

Perajin lampu gentur, Dede Syarifudin, mengaku, senang dengan adanya bentuk dukungan dari Pemkab melalui pebangunan tugu. Dia pun berharap ke depan lampu gentur yang sudah diminati pasar Asean dan negara Timur Tengah serta Eropa bisa semakin berkembang lagi.

Adapun iring-iringan, lanjut dia, juga menjadi tradisi menyambut Idul Fitri. Warga di Gentur Kecamatan Warungkondang kerap melakukan pawai di wilayahnya dengan membawa lampu gentur.

“Ini memang sudah jadi tradisi. Alhamdulillah dengan adanya peresmian tugu ini, pawai lampu gentur juga bisa dilakukan di pusat kota. Diharapkan ke depan bisa maju lagi, dan perajin terdorong untuk‎ lebih mengembangkan karya serta usahanya.”

Kabag Humas dan Protokoler Setda Kabupaten Cianjur, Pratama Nugraha, mengatakan, adanya kegiatan iring-iringan merupakan bentuk apresiasi dari pemerintah kepada perajin lampu gentur supaya terus berkarya mengembangkan produk khas Kota Santri tersebut.

Namun selain lampu gentur, Pemkab juga meresmikan dua tugu lainnya, yakni Tugu Tauco di Jalan Dr Muwardi dan Tugu Pandanwangi (beras khas Cianjur) di Jalan raya Sukabumi-Cianjur.

“Tugu-tugu itu diresmikan langsung olehpara perajinnya, dengan harapan ada semangat dari mereka untuk membesarkan produk khas Cianjur. Adanya pawai pun ide dari mereka sekaligus menyambut Idul Fitri,” pungkasnya. (isl)

Comments

comments