Monyet Lepas Serang Warga Sukamanah dan Munjul

0
314
Monkeys in Kathmandu

CIANJUR, patas.id – Warga Desa Sukamanah Kecamatan Karangtengah Kabupaten Cianjur dihebohkan dengan kehadiran monyet yang sering menyerang dan melukai anak-anak di wilayah tersebut. Meskipun sudah diburu, monyet tersebut masih belum tertangkap.

Putri (25 tahun) salah seorang warga Desa Sukamanah, mengatakan, keberadaan monyet tersebut sudah meresahkan warga, sebab tidak sedikit anak-anak yang diserang. Jika dibiarkan terus, dikhawatirkan ada banyak lagi anak yang jadi korban.

“Jadi bukan di satu kampung, tapi sudah di beberapa kampung yang jadi korban. Anak-anak sedang bermain diserang monyet sampai luka. Khawatir kalau tiba-tiba datang dan menyerang lagi anak-anak,” kata dia.

Menurutnya, tidak hanya anak-anak, warung pun kadang diacak-acak oleh monyet liar tersebut. Warga juga khawatir monyet tersebut menularkan penyakit pada orang yang diserangnya.

Tidak hanya di Karangtengah, monyet tersebut diketahui juga menyerang anak-anak di wilayah Munjul Kecamatan Cilaku.

Kepala Seksi Bina Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner Dinas Kelautan Peternakan dan Perikanan Kabupaten Cianjur, Agung Rianto, menuturkan, monyet yang sering meresahkan di Sukamanah dan wilayah lain di sekitarnya merupakan hewan peliharaan yang kabur.

“Jadi di sana ada laporan sering terjadi penyerangan oleh monyet. Setelah ditelusuri, bukan monyet liar, melainkan hewan peliharaan yang kabur atau lepas dari pemiliknya,” ucap dia.

ā€ˇMenurutnya, pihak dinas sudah menyarankan Pemerintah Desa Sukamanah berkoordinasi dengan kepolisian dan petugas hewan guna mengeliminasi (membunuh) monyet tersebut. Hal itu dikarenakan keberadaannya mengancam warga di sekitarnya, sehingga diperbolehkan untuk dibunuh.

“Monyetnya ada satu, tapi berpindah-pindah. Makanya terlihat di sejumlah wilayah. Tapi memang sulit untuk dieliminasinya, ketika diburu monyet itu bersembunyi, namun saat mulai lengah, monyet tersebut kembali berulah.”

Agung memastikan monyet tersebut tidak menularkan penyakit seperti rabies. Pasalnya, kecil kasus dimana monyet mengakibatkan terkena rabies.

“Monyet itu menyerang karena lapar. Mungkin melihat anak-anak bawa makanan, jadi diambil sampai mencakar juga. Tidak menularkan penyakit. Kalau menemukan, segera lapor pada petugas saja,” katanya.(isl)

Comments

comments