Warga Warungkondang Serbu Mobil Bank Indonesia. Ada Apa?

0
315

CIANJUR, patas.id – Puluhan ‎warga Kecamatan Warungkondang menyerbu mobil penukaran uang Bank Indonesia, Rabu (7 Juni 2017). Uang yang kebanyakan dipecah menjadi nilai yang kecil itu rencananya bakal dibagikan saat Idul Fitri.

Antrean tampak tidak habis di depan loket penukaran uang mobil Bank Indonesia untuk Provinsi Jawa Barat yang diparkirkan di samping eks lokasi‎ Pasar Warungkondang. Uang pecahan Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu pun ditukar dengan pecahan yang lebih kecil dengan kondisi dan desain terbaru.

Asisten Manager Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Suwandi, mengatakan, mobil penukaran uang di Cianjur akan beroperasi selama beberapa hari sampai 9 Juni 2017. Rencananya titik pembukaan penukaran di Pasar Warungkondang dan Tanggeung.

“Kami juga melakukan dropping uang baru ke sejumlah bank di Cianjur. Jadi setelah selesai di sini, warga bisa melakukan penukaran uang di bank.”

Menurutnya, setiap bank diberi uang baru sesuai dengan kebutuhan yang diminta. “Jadi sebelum didrop dari BI, dikonfirmasi dulu supaya sesuai dengan kebutuhan warga yang melakukan penukaran,” ucapnya.

Dia mengatakan, setiap orang yang melakukan penukaran tidak dibatasi jumlah, namun sebatas waktu dari pagi sampai siang. Tetapi rata-rata warga maksimal menukarkan uang sampai Rp 3,7 juta.

“Untuk paling tinggi rata-rata segitu atau ‎biasanya Rp 20 ribu sebanyak 100 lembar atau totalnya Rp 2 juta, Rp 5 ribu sebanyak 500 lembar, Rp 2 ribu sebanyak 100 lembar dan pecahan lainnya,” kata dia.

Haji Ade Saepulloh (41 tahun), salah seorang warga Kampung Cicurug Desa Bunisari‎ Kecamatan Warungkondang, mengatakan, dia menukar uang Rp 400 ribu ke pecahan Rp 5 ribu dan Rp 10 ribu untuk dibagikan saat Lebaran.

Dia mengaku baru kali ini menukar uang langsung ke penukaran resmi dari bank. Sebelumnya dia menukarkan uang untuk lebaran ke pom bensin dengan kondisi uang yang sudah kusut.

“Baru sekarang tuker di penukaran dari bank, biasanya di pom (SPBU),” katanya.(isl)

Comments

comments