Mulai Hari Ini, Polres Cianjur Gelar Operasi Patuh Lodaya 2017

0
291

CIANJUR, patas.id – Mulai hari ini (Selasa, 9 mei 2017) jajaran Satlantas Polres Cianjur bakal melakukan penindakan kepada setiap pelanggar lalu lintas. Penindakan dan sosialisasi tertib berlalu lintas itu diharapkan mampu menekan angka kecelakaan akibat pengendara yang tak mengikuti aturan.

Kasatlantas polres Cianjur, AKP Erik Bangun Prakasa, menuturkan, mulai 9-22 Mei 2017, pihaknya menggelar Ooperasi Patuh Lodaya 2017 yang sekaligus persiapan menghadapi Operasi Ramadaniya menjelang Idul Fitri.

“Kegiatan cipta kondisi ini merupakan upaya sebelum Operasi Ramadaniya, tujuannya menekan jumlah pelanggaran lalu lintas dari berbagai aspek, khususnya untuk menekan kecelakaan. Diharapkan ketika masa Operasi Ramadaniya, angka kecelakaan lalu lintas di Cianjur bisa ditekan.”

Menurutnya, pelanggaran yang bakal ditindak meliputi kecepatan yang melebihi batas, muatan, dan angkutan umum. Selain itu, kelaikan jalan setiap angkutan bakal diperiksa untuk mengantisipasi kecelakaan seperti yang terjadi belakangan ini.

“Kalau ada kendaraan bus dan truk, diperiksa sampai kondisi mesinnya. Ketika ditemukan ada yang janggal atau tidak laik jalan, kami berhentikan dan larang melintas kawasan Puncak dan titik rawan kecelakaan lainnya.”

Sementara itu, untuk di Cianjur, rata-rata pelanggar lalu lintas merupakan pengendara sepeda motor dengan usia 20 sampai 35 tahun. “Kebanyakan usia produktif para pelanggar ini, baik tidak punya SIM atau tidak mengenakan perlengkapan keselamatan,” katanya.

Dia menambahkan, ‎sosialisai mengenai tertib berlalu lintas sudah dilakukan setiap saat, namun masih banyak pelanggaran karena warga belum paham dan perlu diedukasi lagi. Tapi dia mengklaim setiap tahun ada penurunan jumlah pelanggar yang menjadikan penilaian ada peningkatan kesadaran berlalu lintas.

“Mungkin perlu ditekankan lagi kepada warga terkait edukasi keselamatan berkendara. Keselamatan itu kebutuhan, bukan karena takut petugas, takut ditilang dan lainnya, ada langkah pencegahan untuk terhindar kecelakaan, jika dibiarkan, pelanggaran akan mencelakai warga dann menimbulkan laka lantas,” pungkasnya.(isl)

Comments

comments