Hati-hati, Pelajar Bawa Motor Akan Kena Tilang

0
258

CIANJUR, patas.id – Satlantas Polres Cianjur menyatakan di Cianjur masih banyak pelajar yang mengendarai sepeda motor. Untuk menekan pengendara di bawah umur, Polres terus melakukan pembinaan orangtua dan larangan di sekolah pun dilakukan.

Kasatlantas Polres Cianjur, AKP Erik Bangun Prakasa, menuturkan, mereka yang diperbolehkan mengendarai kendaraan adalah yang sudah punya SIM, dengan batas minimal umur 17 tahun.

“Sayangnnya masih ada anak di bawah umur khususnya kalangan pelajar yang sudah mengendarai kendaraan bermotor. Ini tentunya melanggar.”

Menurutnya, para orangtua kerap memberikan sepeda motor kepada anaknya dengan alasan sayang atau mempermudah akses ke sekolah.

“Ini adalah pemahaman yang salah, justru ketika memberikan sepeda motor pada anak, sama saja membahayakan keselamatan mereka. Bukan kasih sayang, sebab usia dini rentan kecelakaan lantaran emosi yang belum terkendali saat berkendara,” ucapnya.

BACA: Mulai Hari Ini, Polres Cianjur Gelar Operasi Patuh Lodaya 2017

Dia mengatakan, perlu ada kesadaran dari semua pihak guna menekan pelajar mengendari kendaraan bermotor. Tidak hanya sekolah atau pada orang tua yang ditekan, tapi seluruh elemen.

“Tidak bisa kami hanya menitik beratkan pada sekolah sementara orangtua mengizinkan, begitu juga sebaliknya. Harus ada kesadaran dari semua pihak.”

Dia menambahkan, pihak kepolisian sudah berupaya melakukan larangan di sejumlah sekolah, kerja sama dengan sekolah pun dijalin untuk memuluskan larangan tersebut.

“Ada tiga sekolah yang sudah menjalankan pelarangan menggunakan sepeda motor ke sekolah, mereka pun diberi penghargaan. Langkah ini dilakukan untuk memotivasi sekolah lain mengikuti hal serupa,” pungkasnya.(isl)

Comments

comments