Satlantas dan Dishub Geruduk Garasi Perusahaan Bus di Cianjur

0
369

CIANJUR, patas.id – Satlantas Polres Cianjur dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur melakukan pemeriksaan ke setiap garasi perusahaan bus umum dan pariwisata di Cianjur, Rabu (3 Mei 2017). Ditemukan beberapa bus yang belum uji KIR di sejumlah perusahaan.

Kanit Turjawali Polres Cianjur, Ipda Yudistira, mengatakan, pihaknya menggelar pemeriksaan kondisi dan surat-surat operasional dari setiap bus di Cianjur. Ada empat perusahaan bus yang didatangi, namun satu di antaranya tidak bisa diperiksa lantaran pemiliknya tidak berada di lokasi.

“Hari ini (3 Mei 2017), kami periksa perusahaan bus di Cianjur, yakni Bristrans, Titan, Marita, dan Mulyasari. Namun yang Mulyasari, pemiliknya tidak ada di lokasi sehingga belum bisa diperiksa.”

Menurutnya, pemeriksaan meliputi beberapa hal, mulai dari cek fisik kendaraan terutama bagian rem, KIR, izin usaha, dan lainnya. “Kami pastikan tidak ada yang terlewat untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan akibat kondisi bus yang tidak prima,” katanya.

Dia menungkapkan, ada beberapa bus di setiap perusahaan yang belum melaksanakan uji KIR. Padahal, uji KIR menjadi suatu kewajiban. “Di Marita ada satu bus yang sudah terlewat dua bulan KIR-nya, di Titan hanya terlewat beberapa hari. Tapi kami sudah arahkan untuk langsung melakukan uji KIR ke Dishub,” katanya.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur, Djoni Rozali, menuturkan, dengan ditemukannya hal tersebut ketika pemeriksaan, dia akan lebih mendorong perusahaan untuk melakukan uji KIR. Jika tidak, maka perusahaan tersebut tidak boleh beroperasi.

“KIR itu kan juga surat keterangan layak jalan, kalau tidak uji KIR tepat waktu ya tidak bisa beroperasi. Kalau ditemukan langsung ditilang oleh kepolisian dan diberhentikan sebelum diuji dan dinyatakan layak jalan.”(isl)

Comments

comments