Polda Jabar: Bus Maut Horor Ciloto Tidak Layak Jalan

0
278

CIANJUR, patas.id – Kasubditgakum Polda Jawa Barat, AKBP Matrius, menegaskan, kecelakaan bus di Jalan Raya Puncak Desa Ciloto Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur diakibatkan kondisi bus yang tidak layak jalan.

“Kondisinya kurang layak, ada beberapa bagian bus yang tidak prima,” kata dia kepada wartawan saat ditemui di lokasi, Senin (1 Mei 2017).

Menurutnya, rem yang tidak berfungsi membuat laju bus tak terkendali. Hal itu menunjukan juga kelalaian dari pihak perusahaan layanan bus pariwisata yang tidak memeriksa kondisi kendaraan dan tidak memastikan bus layak atau tidak untuk beroperasi.

BACA: Usai Tragedi Selarong, Semua Bus Umum dan Pariwisata Jalani Pemeriksaan
BACA: Bus Maut Horor Ciloto Pakai Terot Rusak dan Uji KIR Palsu
BACA: Bus Tak Nyaman, Di Tanjakan Puncak Susah Naik

“Sebenarnya kami kan sudah lakukan juga imbauan dan pemeriksaan. Harusnya dari kegiatan itu ada kesadaran dari pemilik bus untuk memeriksa secara rutin, supaya tidak terjadi kecelakaan.”

Oleh karena itu, lanjut dia, penumpang bus, baik umum ataupun pariwisata harus lebih berani menanyakan kondisi bus kepada sopir. Bus harus dalam kondisi prima supaya meminimalisir kemungkinan terjadinya kecelakaan.

“Sebelum terjadi kecelakaan lebih baik memastikan ko‎ndisinya baik, harus berani bertanya daripada menjadi korban kecelakaan,” ungkap dia.(isl)

Comments

comments