Empat Bencana Terjadi di Empat Kecamatan di Cianjur

0
248

CIANJUR, patas.id –

“Lebih dari sepuluh rumah rusak, berhektar-hektar sawah rusak, dan banyak pemukiman yang terancam. Bahkan di Pagelaran, longsor mengakibatkan korban jiwa,” ujar Kepala BPBD Kabupaten Cianjur, Asep Suparman, Sabtu (18 Maret 2017).

Menurutnya, wilayah yang diterjang bencana banjir dan longsor ialah Kecamatan Tanggeung, Kecamatan Pagelaran, Kecamatan Sindangbarang, dan Kecamatan Gekbrong.

“Di satu kecamatan ada yang hanya terjadi di satu titik, ada juga di dua titik berbeda. Seperti di Pagelaran, itu ada yang menimpa pemukiman hingga warga tewas dan ada juga yang menutup akses jalan utama. Sementara di Gekbrong tepatnya di Desa Cikahuripan ada tiga titik, lahan pesawahan, dan dua lagi di dua kampung berbeda,” kata dia.

Cuaca buruk yang terus terjadi, ungkap dia, akan membuat Cianjur sering turun hujan deras selama beberapa jam. Akibatnya, daerah-daerah yang rawan bencana dimungkinkan mengalami longsor ataupun banjir.

“Kalau di selatan ada banyak titik longsor, termasuk banjir karena luapan sungai, salah satunya sungai Cibuni yang kemarin juga membuat rumah warga rusak setelah meluap.” ucapnya.

Dia mengimbau, warga Cianjur untuk terus waspada ketika turun hujan, apalagi Cianjur menjadi daerah paling rawan bencana di Jawa Barat.

“Di Nasional juga berada di peringkat atas daerah rawan bencana. Makanya warga juga harus antisipasi dan selalu waspada,” tuturnya.(isl)

Comments

comments