Malam Tahun Baru Para camat Siap Mengawasi

0
225

CIANJUR, patas.id -‎ Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman menginstruksikan camat se-Kabupaten Cianjur untuk melakukan pemantauan menjelang dan pascamalam tahun baru 2017. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi aktivitas negatif selama malam pergantian tahun.

Menurutnya, para camat, kepala OPD dan instansi lainnya harus berkoordinasi untuk menciptakan malam tahun baru yang kondusif.

“‎Di wilayahnya masing-masing, para camat bersama unsur muspika melakukan berbagai langkah antisipasi, baik sehari sebelum atau sesudah malam tahun baru,” kata dia usai rapat koordinasi pelaksanaan tahun baru di Bale Praja, Kamis (29 Desember 2016).

Menurutnya, malam tahun baru erat kaitannya dengan pesta, hiburan, hura-hura yang menimbulkan permasalahan ketertiban. Hal itu, lanjut dia, akan memberikan rasa tak nyaman bagi warga.

“Sudah menjadi hal lumrah tahun baru sebagai ajang hura-hura dan aktivitas negatif lainnya. Makanya harus diantisipasi dengan imbauan dan pemantauan,” kata dia.

Pos-pos ronda, ungkap Wabup, akan diaktifkan secara total di malam tahun baru. Jika ada kelompok yang meresakan, maka langsung diperingatkan oleh warga yang meronda. Namun apabila tidak mengindahkan, koordinasi dengan pihak kepolisian akan dilakukan untuk ditindak.

“Makanya selain dari pemerintah dan OPD, aparat keamanan juga dilibatkan, terutama pihak kepolisian,” kata dia.

Di samping itu, menurut Herman, setiap‎ desa diimbau untuk melaksanakan istigosah bersama warganya di masjid masing-masing. Bahkan di tingkat pemkab, rencananya akan juga digelar istigosah di tiga ruas jalan berbeda pada malam pergantian tahun.

“‎Pemkab bersama Gerakan Nasional Pengawal Fatwa MUI melakukan istigosah di Jalan Moch Ali, Bojongmeron, dan Jalan Yulius Usman. Mulai pukul 19.30 WIB sampai 04.00 WIB,” kata dia.

Agenda istigosah yang diisi juga dengan ceramah, ujar Herman, bakal meminimalisir aktivitas negatif dari para pemuda. “Kalau diarahkan di masjid, tentunya yang berkeliaran di jalan akan sedikit. Lebih baik beristigosah daripada hura-hura,” tegasnya.(isl)

Comments

comments