Cianjur Siaga Bencana Banjir Bandang

0
270

CIANJUR, patas.id – Cianjur siaga bencana banjir bandang. Beberapa sungai yang ada di Cianjur ternyata rawan meluap dan bisa berakibat banjir bandang. Kesimpulan ini didapat berdasarkan pengamatan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur. Bahkan beberapa di antaranya mengancam lahan pertanian.

Kepala BPBD Kabupaten Cianjur, Asep Suparman, mengatakan ada enam sungai besar di Cianjur yang mesti diwaspadai, yaitu Sungai Citarum Blok Leuwi Jurig di Kecamatan Haurwangi, Sungai Cisadea di Kecamatan Sindangbarang, Sungai Cibuni di Kecamatan Kadupandak, Sungai Cidamar di Cidaun, Sungai Cibala di Kecamatan Sukanagara, dan Sungai Cikadu di Kecamatan Cibinong.

Selain sungai-sungai besar, beberapa sungai kecil juga sewaktu-waktu bisa meluap, salah satunya Sungai Cikondang di Kecamatan Cibeber. Bahkan tahun lalu, sungai itu merusak puluhan hektar lahan pertanian di Desa Cikondang Kecamatan Cibeber dan desa di sekitarnya.

“Semuanya berpotensi meluap dan mengakibatkan banjir bandang dengan daya rusak yang besar. Sungai Cikondang kami khawatirkan membuat petani di sana menjadi korban, sebab sangat berdekatan dengan lahan pertanian.”

Asep mengungkapkan, dibanding bencana longsor ataupun puting beliung, tahun ini banjir bandang menjadi yang terbanyak menelan korban jiwa dan kerusakan fisik di Cianjur. Oleh karenanya, warga harus terus waspada, terutama mereka yang bermukim di wilayah bantaran sungai.

“Dari data yang kami peroleh, banjir bandang yang paling banyak makan korban. Itu juga terjadi lantaran rusaknya hulu sungai akibat penebangan liar dan alih fungsi lahan,” ujarnya. (isl)

Comments

comments