Kenali Potensi Wisata di Helaran Hari Jadi Cianjur

0
71

CIANJUR, patas.id – Pawai helaran seni budaya dan fashion art menyemarakan puncak Hari Jadi Cianjur. Pawai mengambil start di Alun-alun Cianjur dan finish di Lapang Prawatasari, Minggu (18 Agustus 2019).

Kepala Bagian Humas dan Protokoler Setda Kabupaten Cianjur, Gagan Rusganda, mengatakan, kali ini tak banyak mobil hias, hanya iring-iringan fashion art untuk menarik wisatawan.

Menurut Gagan antusiasme warga untuk menyaksikan helaran terlihat sejak pagi.

Alhasil sejumlah jalan terpaksa ditutup dan warga harus berjalan kaki menuju rute helaran yang berakhir di Lapang Prawatasari ini.

“Rutenya berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini melewati Jalan Mangunsarkoro,” kata Gagan.

Gagan berharap muncul ciri budaya lokal Cianjur dari helaran yang akan digelar rutin setiap tahun ini.

Ketua Panitia HJC 2019, Yudhi Ferdiana, mengatakan, untuk tahun ini kegiatan HJC sudah dilaksanakan sejak tanggal 12 Juli 2019 meliputi lomba kebaya, tepung lawung, islamic religius, pawai gelora merah putih, dan kegiatan lainnya.

“Berbeda dengan tahun lalu yang lebih banyak mobil hias, sekarang ditonjolkan kesenian yang ada di wilayah Cianjur, kendaraan hanya beberapa buah selebihnya rombongan dari OPD Kecamatan dan juga desa,” katanya.

Ia juga mengatakan, tampilan helaran ada beberapa andalan dari setiap kecamatan seperti Gekbrong ada rengkong kenteng, Sukaresmi seni badawang, calung rantai rengkong, barongsai, reak, dan lainnya.

“Hal itu bertujuan agar bisa tampil dan dinikmati masyarakat, Cianjur memiliki kesenian khas untuk ditampilkan dan dikenalkan ke khalayak luar,” ujarnya.

Ia mengatakan pada fashion art juga ditonjolkan khas Cianjur dan pakaian etnik.

“Kemudian bagi para peserta pada saat melewati panggung utama diharapkan untuk mempertontonkan topik utama. Ada beberapa titik untuk display dan disiapkan juri, untuk rute berawal dari depan alun-alun landmark Cianjur akan disiapkan stage untuk pelepasan ke Jalan Mangunsarkoro,” katanya.

Ia mengatakan ada ajang bagi Dewan yang baru dilantik ikut memperkenalkan diri dengan kendaraan bandros.

“Untuk kegiatan malam puncak acara menampilkan artis yang bisa diterima dan cukup baik bagi masyarakat Cianjur, tamu utama Via Vallen disamping itu ada artis Cianjur, Lesti,” katanya.

Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengatakan, helaran fashion art dan seni budaya dalam rangka Hari Jadi Cianjur ini diharapkan menyedot wisatawan untuk berkunjung ke Cianjur. Cianjur juga berharap jadi tujuan wisata halal terbaik di Jawa Barat. Sebab, banyak potensi dari sektor pariwisata Cianjur yang perlu diperkenalkan kepada wisatawan baik dari dalam negeri maupun luuar negeri.

“Cianjur sudah menjadi tujuan wisata, tinggal memperkenalkan lebih sering lagi, dengan helaran seperti ini salah satu contohnya,” ujar Herman.

Selain seni, Cianjur juga punya kawasan wisata Cagar Budaya Nasional Situs Gunung Padang, Kebun Raya Cibodas, Taman Bunga Nusantara, wisata pantai selatan, curug, dan kawasan agro yang saat ini sedang dikembangkan menjadi kawasan wisata. (daz)

Comments

comments