Harga Cabai Merah 120 Ribu

0
28

CIANJUR, patas.id – Harga komoditas cabai di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Cianjur, melonjak drastis sejak dua pekan terakhir. Bahkan, kenaikan tertinggi terjadi di wilayah selatan seperti di Pasar Kecamatan Tanggeung yang sudah mencapai Rp 120 ribu per kilogram atau melonjak tiga kali lipat dari harga normal Rp 40 ribu.

“Kenaikannya bertahap sejak dua pekan lalu, naik dulu Rp 80 ribu, Rp 100 ribu sekarang sudah Rp 120 ribu per kilogram,” ujar Umar (55 tahun), salah seorang pedagang sayuran di Pasar Tanggeung, Rabu (24 Juli 2019).

Kenaikan juga terjadi di Pasar Muka dan Pasar Induk Cianjur. Untuk semua jenis cabai harganya saat ini dikisaran Rp 80 ribu hingga Rp 90 ribu per kilogram. Kenaikan paling tinggi terjadi pada cabai jenis Tanjung dan TW atau cabai merah besar. Saat ini kedua jenis cabai tersebut dijual Rp 100 ribu per kilogram.

“Kalau normalnya (Cabai Tanjung) Rp 40 ribu per kilogram. Tapi sekarang memang barang sedang susah sehingga harganya jadi tinggi,” sebut Dedi Supriadi (50 tahun), pedagang sayuran di Pasar Muka, Cianjur.

Kenaikan harga yang sangat drastis itu pun berimbas pada tingkat penjualan yang anjlok. Sudah sepekan lebih dagangan cabai menumpuk tak ada yang beli.

“Kalaupun ada yang beli di bawah sekilo. Sehari paling keluar 3 kilo bahkan tidak ada yang beli sama sekali. Padahal kalau normal 30 kilo bisa habis terjual sehari,” sahut Asep Usman (39 tahun), pedagang sayuran di Pasar Muka.

Kepala Pasar Induk Cianjur, Asep Kusmiadi, membenarkan bahwa saat ini harga komoditas cabai mengalami kenaikan yang cukup tinggi.

“Harganya fluktuatif, kalau di sini (Pasar Induk Cianjur) sudah menyentuh Rp 90 ribu per kilogram. Ini harga yang tertinggi sampai hari ini, mudah-mudahan tidak naik lagi,” kata Asep.

Pemicunya, sebut dia, karena kebutuhan yang meningkat menjelang perayaan Idul Adha serta musim kemarau panjang. “Mungkin ada daerah pemasok yang mengalami gagal panen sehingga menimbulkan kenaikan harga di pasaran,” imbuhnya.

Selain cabai, kenaikan harga juga terjadi pada jenis komoditas lain, seperti bawang merah dan bawang putih, kol, dan jenis sayuran lainnya dengan kisaran kenaikan rata-rata dua kali lipat dari harga normal.

Sementara tomat yang sempat naik kini justru turun drastis. Dari harga sebelumnya Rp 10 ribu per kilogram, harganya saat ini Rp 2 ribu per kilogram. (daz)

Comments

comments