Ade Barkah, Lepi Firmansyah, Oting Zaenal: Kader NU yang Potensial jadi Calon Bupati

0
108

CIANJUR, patas.id – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Cianjur menggelar kegiatan Halal Bihalal PCNU dan Silaturahmi Ormas Lintas Keagamaan di Aula Ponpes Al-Ittihad, Jalan Raya Bandung, Karangtengah, Cianjur, Sabtu (6 Juli 2019). Selain ketua dan pengurus PCNU Kabupaten Cianjur, kegiatan tersebut dihadiri pula Rois Syuriah PBNU, Ahmad Ishomudin.

Ketua PCNU Kabupaten Cianjur, Choirul Anam, menjelaskan bahwa kegiatan halal bihalal dan silaturahmi ini masih dalam rangka Idul Fitri. Namun, waktunya sengaja dipilih pasca keputusan Mahkamah Konstitusi supaya semua pihak bisa hadir.

“Kader NU kan ada di mana-mana, hampir ada di semua partai politik. Jadi, momennya dipilih pasca keputusan MK sehingga semua kader NU di semua parpol bisa hadir tanpa ada sekat akibat pilpres,” ujar Choirul Anam, Sabtu (6 Juli 2019).

Selain itu, diakui pula bahwa PCNU harus merespon hasil pilpres dan pilgub untuk parameter menjelang pilkada di Kabupaten Cianjur.

“Setelah dalam pilpres dan pilgub NU punya kontribusi menghasilkan pemimpin yang dekat dengan rakyat, menjelang pilkada pun kita berharap pemenangnya dari kalangan NU atau yang dekat dengan NU,” kata dia.

Choirul Anam mengakui banyak kader NU yang memiliki potensi untuk menjadi calon. Namun, NU bukan partai politik tang bisa mengusung calon, tetapi hanya mengusulkan agar calon yang maju bisa bekerja sama dengan NU.

“Jangan kayak bupati sebelumnya yang menganggap musuh kepada NU hanya karena beda pilihan dengan saya,” tutur Choirul Anam.

Dia menambahkan bahwa kader NU tersebar di berbagai kalangan, baik di pemerintahan maupun partai politik. Mereka memiliki potensi untuk maju sebagai calon bupati pada Pilkada Kabupaten Cianjur 2020 mendatang.

“Banyak kader dan pengurus NU yang punya potensi. Sebut saja ada Ade Barkah Surahman (Wakil Ketua DPRD Jawa Barat), Lepi Firmansyah (Ketua DPC PKB Kabupaten Cianjur), dan Oting Zaenal Mutaqin (Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cianjur). Itu sekedar contoh. Mereka kan pengurus NU,” tegas Chiorul Anam.

Senada, Bendahara PCNU Kabupaten Cianjur, Toto Iskandar, berharap pada Pilkada Kabupaten Cianjur 2020, calon bupati yang maju adalah kader NU.

“Presiden dan wakil presiden kita sudah punya, gubernur sudah punya. Tinggal bupatinya. Mudah-mudahan yang muncul adalah kader NU juga,” tutur dia. (daz)

Comments

comments