Malam Ini, Bawaslu Mulai Gasak APK

0
120

CIANJUR, patas.id – Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Cianjur, akan melakukan penertiban alat peraga kampanye secara serentak. Penertiban APK dilakukan menjelang tahapan hari tenang sebelum pemungutan suara 17 April mendatang.

“Penertiban APK akan kita lakukan serentak, agar saat masa tenang Pemilu 2019 tidak banyak alat peraga yang terpampang,” kata Komisioner Divisi Pengawasan, Humas, dan Hubungan Antarlembaga Bawaslu Kabupaten Cianjur, Hadi Dzkiri Nur, kepada wartawan, Sabtu (13 April 2019).

Penertiban APK tersebut, kata Hadi, bakal dilakukan mulai Sabtu tengah malam, tepatnya pukul 24.00 WIB. “Tadi sudah disampaikan kepada peserta rapat koordinasi, jadi penertiban dimulai setelah pukul 24.00 WIB atau Minggu 14 April 2019 dini hari, yakni saat masuknya masa tenang,” katanya.

Menurutnya, penertiban tersebut dilakukan secara serentak di setiap kecamatan, bahkan hingga ke tingkat desa dan perkampungan. Oleh karena itu, Panitia Pengawas Pemilu tingkat kecamatan, desa hingga pengawas Tempat Pemungutan Suara juga bakal terlibat dalam penertiban.

“Kalau Bawaslu di jalur protokol, Panwascam di daerah yang memang tidak terjangkau oleh Bawaslu, sedangkan di tingkat pengawas TPS itu sampai penertiban di gang-gang atau lingkungan sekitarnya,” ujarnya.

Hadi menambahkan, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan dinas perhubungan untuk meminjam kendaraan guna penertiban bilboard atau APK yang posisinya sulit dijangkau, selain itu dinas lingkungan hidup juga akan dilibatkan untuk membawa APK yang sudah ditertibkan.

“Di samping itu, kita juga akan libatkan dishub untuk menertibkan stiker yang berada di belakang angkutan umum,” terangnya.

Selain penindakan langsung oleh petugas, lanjut Hadi, pihaknya juga sudah mengimbau pada partai politik agar para caleg dan tim pemenangan menertibkan sendiri APK. Tetapi tidak berharap banyak lantaran kerap kali APk tidak ditertibkan sendiri.

“Makanya kita bergerak secara serentak dengan melibatkan banyak pihak supaya pada masa tenang, tidak ada lagi APK yang terpampang,” tandasnya. (daz)

Comments

comments