Logistik Pemilu Mulai Didistribusikan

0
32

CIANJUR, patas.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur mulai mendistribusikan logistik Pemilu 2019 ke tingkat PPK atau kecamatan dari gudang Logistik KPU Kabupaten Cianjur, di Jalan Sabandar, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur, Senin (8 April 2019). Sebanyak 20 truk pengangkut logistik dilepas secara simbolis menuju wilayah Cianjur selatan.

Ketua KPU Kabupaten Cianjur, Hilman Wahyudi, mengatakan, untuk pendistribusian hari pertama ditujukan ke empat wilayah kecamatan di Cianjur selatan, yakni Kecamatan Naringgul, Agrabinta, Leles, dan Cikadu.

“Wilayah selatan memang diprioritaskan untuk mengirim logistik ini atas pertimbangan jarak, kondisi jalan, dan cuaca,” ujar Hilman di Cianjur, Senin (8 April 2019).

Hilman menerangkan, pihaknya berharap pendistribusian bisa rampung dalam enam hari ke depan. Setiap hari pendistribusian akan dilakukan ke empat wilayah kecamatan.

“Setelah wilayah selatan beres, baru kita sasar wilayah-wilayah dekat seperti utara dan sekitar perkotaan,” sebutnya.

Hilman mengaku pendistribusian logistik Pemilu 2019 hari ini nyaris tertunda karena keterlambatan pengiriman formulir C-1 plano untuk DPRD kota/kabupaten dari tingkat provinsi.

“Baru kita terima Minggu 7 April 2019 pukul 13.00 WIB. Kita langsung gerak cepat untuk memasukkan ke kotak suara sehingga pendistribusian bisa dilakukan hari ini atau sesuai agenda yang telah ditetapkan,” tuturnya.

“Soalnya, jika formulir C-1 plano tidak kita terima, praktis kita tidak akan bisa melakukan pendistribusian ke tingkat PPK karena form itu sangat vital,” imbuhnya.

Kapolres Cianjur, AKBP Soliyah, mengatakan, pihaknya telah menerjunkan 12 personel untuk mengawal pendistribusian logistik Pemilu 2019 tahap pertama ini.

“Pengamanan depan dan belakang (mengawal armada logistik). Selain bersenjata lengkap, personel yang kita libatkan juga punya keterampilan khusus,” sebutnya.

Selain personel yang bertugas mengamankan pengiriman logistik, Polres Cianjur juga telah menyiapkan personel untuk melakukan pengamanan di tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Untuk TPS-TPS yang dinilai rawan (kurang kondusif) pola pengamanan 1 berbanding 13, seperti di wilayah Sukaluyu dan Bojongpicung,” sebutnya.

Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman, yang ikut melepas armada truk pengangkut logistik Pemilu 2019, menginstruksikan seluruh camat agar siaga di wilayah masing-masing mulai hari ini hingga pelaksanaan Pemilu 2019 selesai.

“Seluruh camat agar tidak meninggalkan tempat dan siaga di wilayah masing-masing mulai hari ini. Kita kawal Pemilu ini agar sukses dan aman,” kata Herman.

Herman juga mengajak warga untuk berbondong-bondong mendatangi TPS pada tanggal 17 April mendatang. “Kita salurkan aspirasi kita untuk memilih pada Pemilu mendatang,” tutur Herman. (daz)

Comments

comments