Hati-hati, Bawaslu Awasi Akun ASN

0
247

CIANJUR, patas.id – Hati-hati untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menggunakan media sosial. Sebab, Badan Pengawas Pemilu memantau ASN yang memposting status atau foto bermuatan kampanye, baik kampanye pemilihan presiden maupun legislatif Pemilu 2019.

“Kita pantau akun-akun milik ASN karena mereka harus netral. Jika ada ASN memposting status atau foto berbau kampanye, kita akan segera bertindak,” ujar Ketua Bawaslu Jawa Barat, Abdullah Dahlan, di Cianjur, Kamis (4 April 2019).

Menurut Abdullah, Bawaslu Jawa Barat memang melakukan pengawasan terhadap akun-akun media sosial yang terdaftar sebagai peserta pemilu. Namun, kata Abdullah, pihaknya juga mengawasi akun milik ASN untuk menjaga netralitas aparatur pemerintahan.

“Domain kita memang mengawasi akun resmi peserta pemilu yang terdaftar. Namun, kita juga mengawasi akun milik ASN untuk menjaga netralitas,” tutur Abdullah.

Abdullah menerangkan, dalam aturannya, setiap peserta pemilu hanya bisa mendaftarkan maksimal 10 akun resmi. Di luar akun tersebut, Bawaslu bekerja sama dengan aparat penegak hukum untuk menindak pemilik akun pribadi yang melakukan kampanye negatif, menyebarkan informasi hoaks, atau memposting SARA.

“Kita sudah ada aturannya untuk urusan kampanye di media sosial. Jika ada pelanggaran pada akun resmi peserta pemilu yang terdaftar, kami yang akan bertindak. Sementara jika pelanggaran kampanye dilakukan akun pribadi, kita bekerja sama dengan kepolisian untuk bertindak,” kata Abdullah.

Namun, sampai saat ini Bawaslu Jawa Barat belum menerima laporan pelanggaran kampanye yang dilakukan peserta pemilu melalui media sosial.

“Laporan pelanggaran belum ada, tapi kami terus melakukan pengawasan,” tandasnya. (daz)

Comments

comments