Harga Bawang Melonjak 100 Persen

0
15

CIANJUR, patas.id – Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Cianjur, berkoordinasi dengan Bulog Subdivisi Regional III Cianjur berencana melakukan operasi pasar terkait melonjaknya harga bawang merah dan bawang putih di sejumlah pasar tradisional di wilayahnya itu.

“Dari hasil pantauan di sejumlah pasar, harga bawang merah dan bawang putih mengalami kenaikan yang cukup signifikan,” kata Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Cianjur, Yana Kamaludin, kepada wartawan, Kamis (4 April 2019).

Kenaikan harga dua komoditas itu, terang Yana, akibat minimnya pasokan yang disebabkan gagal panen karena terdampak banjir.

“Bila harga terus mengalami kenaikan, kita akan melakukan koordinasi bersama Bulog untuk untuk mengelar operasi pasar,” jelasnya.

Sementara itu, harga komoditas bawang merah dan bawang putih di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Cianjur melonjak hingga 100 persen.

Eli Khasanah, 38 tahun, pedagang sayuran di Pasar Induk Cianjur, mengatakan, saat ini harga bawang merah mencapai Rp 38 ribu hingga Rp 40 ribu per kilogram. Padahal sebelumnya, harga komoditas tersebut berkisar Rp 20 ribu per kilogram.

“Kenaikan harga sudah terjadi sejak satu pekan lalu. Naiknya harga itu akibat minimnya pasokan komoditas dari daerah pemasok seperti Brebes, Jawa Tengah,” ujar Eli.

Akibat naiknya harga bawang merah dan bawang putih, lanjut Eli, berdampak pada menurunnya minat beli konsumen. “Sejak terjadi kenaikan harga bawang, banyak pembeli merasa keberatan dan tak jarang pembeli yang batal belanja,” ucapnya.

Selain itu, Eli mengungkapkan, dia pun mengalami penurunan pendapatan pada omset penjualan. Semula ia mampu menjual bawang merah sebanyak tiga kuintal kini hanya mampu menjual satu kuintal per hari.

“Tidak hanya bawang merah, bawang putih impor pun mengalami kenaikan menjadi Rp 29 ribu hingga Rp 30 ribu per kilogram dari asalnya Rp 18 ribu per kilogram,” tutur Eli. (daz)

Comments

comments