Joko Purwanto Tetap Optimistis PPP Melenggang ke Senayan

0
36

CIANJUR, patas.id – Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan, Joko Purwanto, tetap optimistis partainya bisa melenggang ke Senayan. Operasi Tangkap Tangan Komisi Pemberantasan Korupsi atas Ketua Umum PPP, Romahurmuzy, tidak akan banyak berpengaruh pada keutuhan partai.

“Turbulensi ini memang terjadi, tetapi kami tetap optimistis bisa melewati parliementary treshold 4 persen,” ujar Joko di Cianjur, Selasa (26 Maret 2019).

Anggota DPR RI dari daerah pemilihan Jawa Barat III (Kabupaten Cianjur dan Kota Bogor) ini mengakui ada dampak yang tidak mengenakkan dengan ditangkapnya Romy. Namun, kata Joko, partai pun segera merespons dengan memecat ketua umum sesaat setelah yang bersangkutan ditetapkan sebagai tersangka.

“Pagi-pagi ditetapkan sebagai tersangka, siang sudah kita putuskan untuk memberhentikan Romy dari posisinya sebagai ketua umum. Itu komitmen partai yang tetap kami junjung,” tutur Joko.

Joko menambahkan bahwa peristiwa seperti ini seperti ulangan kejadian sebelumnya. Tahun 2014 lalu, dalam situasi menghadapi pemilu, Ketua Umum PPP, Suryadharma Ali, juga ditangkap KPK.

“Bedanya, dulu kejadian 3 bulan sebelum pemilu, jadi dampaknya terhadap partai sangat terasa. Namun, saat ini kejadian hanya 30 hari sebelum pemilu, partai masih solid,” kata Joko.

Kalkulasi Joko, saat ini PPP memiliki 30 kursi di DPR RI. Jika mengacu jumlah kursi di Senayan tahun 2019 sebanyak 574 buah, “Untuk mencapai 4 persen itu 23 kursi, jadi kami tetap optimistis bisa mempertahankan jumlah kursi dan melenggang ke Senayan,” Joko menegaskan. (daz)

Comments

comments