Sukanagara Diterjang Bencana

0
35

CIANJUR, patas.id – Bencana tanah longsor dan banjir menerjang beberapa desa di Kecamatan Sukanagara, Kabupaten Cianjur. Kondisi itu disebabkan tingginya curah hujan yang mengguyur wilayah tersebut dalam beberapa hari terakhir.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, bencana tanah longsor dan banjir menyebabkan tiga unit rumah milik warga di Kampung Babakan Mala RT 04/RW 04, Desa Gunungsari, rusak parah akibat longsoran tebing yang menimpa bangunan rumah.

“Akibat tanah longsor yang terjadi di Desa Gunungsari, Kecamatan Sukanagara, ada tiga rumah warga yang tertimpa longsoran tebing, dan mengakibatkan satu orang warga mengalami luka ringan, dan sekarang sudah mendapatkan perawatan di puskesmas setempat,” kata Sekretaris BPBD Kabupaten Cianjur, Sugeng Supriyatno, kepada wartawan, Kamis (21 Maret 2019).

Selain terjadi di Kampung Babakan Mala, Desa Gunungsari, tanah longsor juga terjadi di Kampung Babakan RT 01/RW 02, Desa Sindangsari, Kecamatan Sukanagara. “Kami masih melakukan asesmen di daerah ini, petugas baru sampai lokasi. Tapi menurut laporan awal ada beberapa rumah warga yang terancam longsoran,” ujar Sugeng.

Sementara, lanjut Sugeng, untuk bencana banjir terjadi di Kampung Gelar Anyar RT 04/RW 02, Desa Sukakarya, dan Kampung Ciagra RT 03/RW 01, Desa Sukalaksana, Kecamatan Sukanagara.

Untuk bencana banjir yang menerjang Kampung Gelar Anyar, menyebabkan enam unit rumah warga rusak ringan, akibat terendam air banjir.

“Enam kepala keluarga dengan 23 jiwa terpaksa kita ungsikan ke tempat yang lebih aman. Sampai debit air di kawasan itu surut, karena untuk enam rumah warga itu mengalami rusak ringan. Tak ada korban dalam musibah itu,” terang Sugeng.

Sugeng menambahkan, BPBD Kabupaten Cianjur masih menerapkan status siaga bencana banjir dan longsor. “Dengan tingkat kerawanan bencana yang tinggi, status siaga bencana banjir dan longsor masih diberlakukan,” ujarnya. (daz)

Comments

comments