Polres Gelar Ekspose di Alun-alun Cianjur

0
27

CIANJUR, patas.id – Satreskrim Polres Cianjur kembali menggelar ekspose bukti kejahatan di ruang publik. Setelah sebelumnya, 14 Februari 2019 lalu, memamerkan anggota geng motor di Bundaran Tugu Lampu Gentur, kali ini, Jumat (15 Maret 2019), Alun-alun Cianjur yang diresmikan Presiden RI Joko Widodo jadi pilihan untuk menggelar ekspose kejahatan pencurian kendaraan bermotor.

Kapolres Cianjur, AKBP Soliyah, didampingi Kasatreskrim Polres Cianjur, AKP Budi Nuryanto, memberi alasan ekspose dilakukan di ruang publik untuk memberikan efek jera kepada para pelaku tindak kejahatan.

“Supaya masyarakat tahu sekaligus memberikan efek jera kepada para pelaku tindak kejahatan,” ujar Soliyah di Alun-alun Cianjur, Jumat (15 Maret 2019).

Menurut Soliyah, ada pesan yang ingin disampaikan polisi kepada masyarakat. Selain memamerkan pelaku, polisi juga menggelar barang bukti kejahatan berupa kendaraan bermotor.

“Ada 11 pelaku kejahatan dan 17 barang bukti kendaraan bermotor. Masyarakat bisa melihat dan mengenali jika merasa kehilangan kendaraan. Jika ada, silakan ambil nanti Satreskrim Polres Cianjur sambil membawa surat-surat keterangan kendaraan. Dan itu gratis, tidak dipungut biaya,” kata Soliyah.

Lebih lanjut Soliyah menerangkan, pihak kepolisian berhasil menciduk 11 pelaku kejahatan yang biasa beraksi di wilayah hukum Cianjur. Dari 11 pelaku itu, tiga di antaranya terpaksa ditembak di bagian kakinya karena berusaha melawan dan melarikan diri.

“Penangkapan para pelaku itu, merupakan hasil pengungkapan satreskrim dan polsek jajaran di wilayah Polres Cianjur selama lebih kurang satu pekan terakhir,” tutur Soliyah.

Soliyah menyebutkan, ada tiga pasal yang dikenakan kepada para pelaku, yaitu pasal 363 Kitab Undang-undang Hukum Pidana dengan maksimal hukuman selama tujuh tahun penjara.

“Selain itu, pasal 365 KUHPidana dengan maksimal hukuman sembilan tahun penjara, dan pasal 480 KUHPidana dengan maksimal hukuman selama empat tahun penjara,” tandas Soliyah. (daz)

Comments

comments