Dua Jenis Surat Suara Selesai Dilipat

0
12

CIANJUR, patas.id – Proses penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2019 di gudang logistik KPU Kabupaten Cianjur masih berlangsung. Tahap kedua penyortiran dan pelipatan untuk jenis surat suara Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Sebelumnya pada tahap pertama KPU sudah menyelesaikan sortir dan lipat surat suara Pilpres. Pada penyortiran dan pelipatan surat suara Pilpres hanya berlangsung selama tiga hari dari target empat hari.

Relatif cepatnya waktu penyortiran dan pelipatan surat suara Pilpres lantaran cukup mudah. Para petugas hanya melipat satu kali karena ukurannya relatif kecil.

“Kalau untuk surat suara DPD, ukurannya lebih besar. Dari percetakan sudah dilipat dua kali. Jadi petugas pelipat di sini (gudang logistik KPU) hanya melipat 3 kali lagi,” kata Komisioner Divisi Teknis KPU Kabupaten Cianjur, Ridwan Abdullah, Rabu (13 Maret 2019).

Proses penyortiran dan pelipatan surat suara DPD berlangsung sejak Minggu (10 Maret 2019). Hingga Selasa (12 Maret 2019), petugas sudah menyelesaikan penyortiran dan pelipatan surat suara DPD sebanyak 1.200.823 lembar.

Rinciannya pada Minggu sebanyak 279.701 lembar, Senin 468.219 lembar, dan Selasa 492.903 lembar. Dari hasil penyortiran, ditemukan sebanyak 1.272 lembar surat suara DPD dalam kondisi rusak.

“Hari ini belum kami rekap berapa lembar surat suara yang rusak dan sudah diselesaikan. Targetnya selesai pukul 16.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Kalau tak terpenuhi waktunya, mungkin waktunya ditambah. Berarti kami harus menyiapkan penerangan di gudang,” tutur Ridwan.

Dari 1.272 lembar surat suara DPD yang rusak, rinciannya pada Minggu sebanyak 356 lembar, Senin surat suara rusak sebanyak 454 lembar, dan Selasa jumlah surat suara rusak sebanyak 462 lembar.

“Pengerjaannya dilakukan petugas yang terbagi dalam 25 kelompok. Satu kelompok terdiri dari 25 orang dengan 1 orang pengawas,” terang Ridwan.

Ridwan menyebutkan secara keseluruhan target penyortiran dan pelipatan surat suara berlangsung selama 20 hari. Masing-masing jenis surat suara target penyelesaianya selama 4 hari. (daz)

Comments

comments