2.500 Petugas Sortir Lipat Surat Suara Dijaga Petugas Bersenjata Laras Panjang

0
37

CIANJUR, patas.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur menerjunkan sebanyak 2.500 petugas sortir dan lipat surat suara Pemilu 2019. Ribuan petugas sortir dan lipat itu dibagi menjadi lima kelompok, masing-masing 500 orang dan akan bertugas sesuai jenis surat suara yang akan dilakukan sortir dan lipat.

Ketua KPU Kabupaten Cianjur, Hilman Wahyudi, mengatakan, KPU mendahulukan proses penyortiran dan pelipatan surat suara untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

“Totalnya ada 2.500 orang yang melakukan sortir dan lipat surat suara, dan mereka dibagi menjadi lima kelompok untuk masing-masing jenis surat suara. Untuk empat hari ke depan, mulai hari ini kita laksanakan penyortiran dan pelipatan untuk surat suara Pilpres,” kata Hilman, kepada wartawan, Rabu (6 Maret 2019).

Hilman menyebutkan, untuk jumlah surat suara Pilpres 2019, KPU telah menerima sebanyak 1.700-an lembar.

“Untuk surat suara, baik surat suara Pilpres, DPD, DPR, DPR Provisi, DPR kabupaten/kota seluruhnya sudah lengkap. Hanya untuk jenis-jenis form, seperti Form C dan D kita masih menunggu,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Hilman, untuk kotak surat suara, KPU Kabupaten Cianjur masih kekurangan sekitar 92 buah. “Kita masih ada kekurangan untuk kotak suara. Dari jumlah itu 82 kotak belum sampai dan 10 kotak dalam kondisi rusak dan tidak dapat digunakan,” ucapnya.

Hilman menambahkan, untuk surat suara yang rusak KPU belum dapat menghitung jumlah pastinya. “Kerusakan (surat suara) dari pengamatan sementara ada, tapi belum dapat dihitung karena belum mencatatkan kerusakan harian. Tapi kita sudah meminta kepada pengawas untuk melaporkan kerusakan harian,” pungkasnya.

Sementara itu, Nina (34 tahun), seorang petugas sortir dan lipat surat suara, mengaku senang dapat menjadi petugas sortir dan lipat surat suara.

“Senang banget, meskipun upahnya tidak seberapa. Tapi, dapat terlibat langsung dalam persiapan pesta demokrasi yang digelar hanya lima tahun sekali,” ujar ibu yang sedang hamil anak pertama itu.

Untuk memastikan keamanan dalam proses penyortiran dan pelipatan surat suara, Polres Cianjur menerjunkan sejumlah petugas yang juga dilengkapi senjata laras panjang.

Para petugas sortir dan lipat surat suara, akan dilakukan pemeriksaan badan baik saat masuk ke dalam ruangan maupun keluar ruangan sortir dan lipat. (daz)

Comments

comments