Ambrol, Dua Rumah di Pinggir Sungai Cianjur

0
31

CIANJUR, patas.id – Dua rumah milik warga di Kampung Mitraloka RT 02/RW 18, Kelurahan Pamoyanan, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, ambrol pada bangunan bagian belakang rumahnya.

Kejadian ambrolnya bagian belakang rumah milik warga itu terjadi, Sabtu (16 Februari 2019) sekitar pukul 10.30 WIB. Tak ada korban jiwa dalam musibah itu, namun kerugian ditaksir mencapai belasan juta rupiah.

Berdasarkan pantauan, kedua rumah milik warga, yaitu Ameng dan Adah mengalami rusak pada bagian belakang atau dapur. Tak hanya ambrol, di beberapa ruangan rumah milik warga itu juga mengalami retakan, bahkan hingga ke bagian ruang tengah rumah.

“Iya, kejadiannya sekitar pukul 10.30 WIB, tiba-tiba terdengar suara gemuruh. Sebab saat kejadian kita sedang berada di teras rumah, kaget juga. Tapi syukur gak ada korban,” kata Ameng, kepada wartawan, Sabtu (16 Februari 2019).

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Sugeng Supriyatno, menuturkan, jajarannya telah terjun ke lokasi kejadian dan masih melakukan asesmen.

“Petugas sudah berada di lokasi, kita belum dapat memastikan penyebab ambrolnya dinding rumah warga itu. Apa disebabkan pergerakan tanah atau tergerus air sungai, karena rumah milik warga itu persis berdiri di bibir Sungai Cianjur,” tutur Sugeng.

Sugeng mengimbau warga yang berada di sepanjang aliran Sungai Cianjur agar selalu waspada dan berhati-hati. Sebab, lanjut dia, debit air sungai dapat sewaktu-waktu meningkat dan berpotensi bencana.

“Untuk sementara diimbau untuk tidak menempati rumah, dan dititipkan ke tetangga atau kerabat yang lebih aman. Selalu waspada dengan segala potensi bencana yang ada, jika ada kejadian segera laporkan petugas,” pungkasnya. (daz)

Comments

comments