Durian Vanessa Jawara Kontes Festival Durian-durian Cikakak 2019

0
49

SUKABUMI, patas.id – Entah sengaja atau tidak, nama Vanessa menjadi daya tarik di tengah suasana Festival Duren-duren Cikakak II 2019 di Taman Wisata Batu Karut, Grand Inna Samudra Beach Hotel Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, 1-3 Februari 2019. Varietas durian asal Gandasoli Kabupaten Sukabumi tersebut keluar sebagai juara kontes durian.

Terdapat tiga pemenang durian berdasarkan penilaian tim juri. Juara pertama diraih durian Vanessa milik Saiban asal Gandasoli. Juara kedua durian Sibo yang juga milik Saiban. Sedangkan juara ketiga direbut durian Si Sultan milik Dayat. Pengumuman pemenang sekaligus penutupan acara yang dihadiri Bupati Sukabumi Marwan Hamami.

“Ke depan kami kembangkan dan perbanyak lagi komoditas durian ini untuk disebar dan ditanam di Kabupaten Sukabumi,” kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Sudrajat, Minggu (3 Februari 2019).

Festival Duren-duren Cikakak II tak hanya menggelar perlombaan, tapi juga diwarnai dengan makan durian sepuasnya serta hasil olahan.

“Kegiatan seperti ini bisa berkontribusi terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat. Perlu dukungan dan dorongan semua pihak,” terang Marwan.

Ke depan, Marwan berencana mengagendakan menggelar festival buah-buahan tingkat Kabupaten Sukabumi. Marwan juga meminta kelompok masyarakat membuat inovasi dalam meningkatkan ekonomi masyarakat melalui pemberdayaan dengan mengolah potensi lokal.

“Bukan hanya Festival Durian Cimanggu atau Durian Cikakak, tapi potensi lokal lainnya. Bila perlu, masyarakat yang serius ingin mendalami olahan durian, kita akan bawa studi banding ke Thailand,” tegasnya.

Pada festival tersebut, pengunjung yang memiliki tiket dibagi ke dalam 3 hari penyelenggaraan. Setiap hari tak kurang dari 500 butir durian dari berbagai varietas disiapkan panitia. Peserta pun dipersilakan memakan durian sepuasnya dengan durasi satu jam lebih.

“Rata-rata hanya mampu menghabiskan 3 butir durian setiap orang. Rasa duriannya super sehingga habis satu butir pun sudah puyeng kepala,” ujar Purwanda (30 tahun), peserta asal Cianjur.

Ayah dua anak ini mengaku sengaja datang untuk menyaksikan sekaligus menikmati festival duren. Dia pun jauh-jauh hari sudah memesan tiket untuk jadi paserta.

“Saya dan keluarga kebagian jadwal hari ketiga atau Minggu. Kami datang Sabtu supaya leluasa bisa wisata dulu di seputar Pantai Batu Karut yang ada di kawasan Grand Inna Samudra Beach Hotel,” kata Purwanda.

Mengenai pemenang kontes durian yang dimenangkan durian Vanessa, dia menanggapi sambil tertawa.

“Harganya tidak sampai Rp 80 juta, kan?” kata dia. (daz)

Comments

comments