Gunungan Sampah Pasirsembung Rawan Longsor

0
18

CIANJUR, patas.id – Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Pasirsembung, Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur, rawan kebakaran dan longsoran sampah. Untuk mengantisipasi kejadian itu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cianjur menyiapkan langkah antisipasi.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Sumarna,

mengatakan, upaya antisipasi itu di antaranya dengan menyiapkan alat pemadam kebakaran dan penyembur air dan untuk terjadinya longsoran DLH Kabupaten Cianjur sudah melakukan upaya antisipasi terjadinya longsoran, yaitu dengan menanam tiang khusus ke dalam gunungan sampah agar mengikat dan mencegah terjadinya longsoran.

“Untuk pengadaan alat pemadam dan penyembur air rencananya akan siap digunakan pada triwulan pertama 2019,” ujar Sumarna kepada wartawan, Senin (7 Januari 2019).

Berbagai langkah antisipatif itu, lanjut Sumarna, dilakukan agar gunungan sampah tidak dalam kondisi yang rawan terbakar, terutama jika memasuki musim kemarau.

“Upaya tersebut dilakukan untuk mengoptimalkan penggunaan TPAS Pasirsembung, sebab TPAS Mekarsari masih dalam tahapan pembebasan lahan,” tukas dia. (daz)

Comments

comments