Golkar Setuju Pembentukan DOB Cianjur Selatan

0
98

CIANJUR, patas.id – Paguyuban Masyarakat Cianjur Kidul (PMCK) kembali mendorong percepatan pembentukan daerah otonom baru (DOB) Cianjur Selatan. Pasalnya, secara regulasi semua persyaratan dan tahapan sudah dilalui.

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Cianjur, Tb Mulyana Syahrudin, setuju dengan rencana pembentukan DOB tersebut. Menurutnya, Partai Golkar sudah lama mempelajari dan memperhatikan setiap dinamika yang berkenaan dengan pemekaran Cianjur Selatan.

“Internal kami intensif mencari celah dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat Cianjur Selatan termasuk tentang pembentukan DOB. Partai Golkar bekerja melalui sistem yang dimiliki,” ujar Mulyana kepada patas.id, Rabu (26 Desember 2018).

Menurut Mulyana, pembentukan DOB untuk wilayah Cianjur Selatan adalah pilihan realistis untuk mendekatkan pelayanan dan membangun kesejahteraan rakyat.

“Pemekaran ini sudah 19 tahun tertunda, pertimbangan keutuhan daerah sudah tidak dapat dicerna karena kebutuhan percepatan pembangunan sudah tidak dapat ditunda seiring dengan potensi SDA dan SDM Cianjur Selatan yang sudah mumpuni. Memenuhi syarat, regulasi dan tahapan dilalui, sebaiknya kita dukung bersama,” kata Mulyana.

Dewan Pembina PMCK, Suryaman, menjelaskan bahwa dari DPRD secara progres sudah tidak ada masalah. Jika mengacu pada UU 32/2004 tentang Pemerintah Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 78/2007 tentang Tata Cara Pembentukan, Penghapusan, dan Penggabungan Daerah, semua tahapan demi tahapan selesai dilaksanakan. Sudah tidak ada masalah.

“Kita hanya menunggu ada respons atau tidak dari pihak eksekutif. Kendalanya dari pihak eksekutif. Persoalan PP atau review undang-undang bukan jadi alasan,” tegas Suryaman.

Pembentukan DOB Cianjur Selatan, jelas Suryaman, sebetulnya sudah didorong Pemprov Jabar sejak 1999. PMCK sendiri mulai mendorong pembentukan DOB sejak 2008.

“Ada 13 kecamatan yang termasuk dalam DOB Cianjur Selatan. Kami akan terus mendorong. Apabila melihat kondisi politik Cianjur sekarang, kami optimistis bisa terwujud,” tuturnya. (daz)

Comments

comments