Kotak Suara Pemilu 2019 Berbahan Kardus

0
24

CIANJUR, patas.id – Kotak suara Pemilu 2019 menggunakan bahan dasar kardus yang di depannya terdapat plastik transparan. Penggantian bahan kotak suara itu berdasarkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum RI.

“Perubahan kotak suara berbahan kardus dengan plastik transparan itu sesuai keputusan KPU RI,” terang Sekretaris KPU Kabupaten Cianjur, Endan Hamdani, Selasa (4 November 2018).

Hingga saat ini KPU Kabupaten Cianjur sudah menerima secara bertahap kebutuhan logistik Pemilu 2019 dari KPU RI. Di antaranya kotak suara, bilik suara, tinta, dan segel.

“Kotak suara jumlahnya sekitar 34 ribuan buah. Untuk bilik suara rata-rata per TPS (tempat pemungutan suara) 4 buah,” jelasnya.

Endan menjelaskan sejumlah kebutuhan logistik Pemilu 2019 sudah diterima KPU Kabupaten Cianjur dari KPU RI sejak Oktober. Untuk logistik lainnya akan segera dipenuhi karena lelangnya dilaksanakan di tingkat KPU kota dan kabupaten.

“Logistik dari KPU RI kami terima sejak Oktober, November, dan bulan ini. Untuk surat suara dan alat kelengkapan TPS belum kami terima. Kemungkinan pertengahan Desember karena mekanisme lelangnya dilakukan di provinsi,” tuturnya.

Alat kelengkapan TPS itu di antaranya gembok, bantalan, paku, plastik untuk membungkus kotak suara dan surat suara, spidol, serta lem. Endan mengatakan sejauh ini tidak ada kendala dalam prosesnya.

“Sejumlah logistik yang sudah kami terima disimpan di gudang, seperti kotak suara dan bilik suara. Alhamdulillah sampai hari ini tidak ada kendala. Proses lelang alat kelengkapan TPS sudah selesai, tinggal menunggu pengiriman,” tandasnya. (daz)

Comments

comments