Pasar Hewan Segera Direlokasi

0
31

CIANJUR, patas.id – Pasar Hewan di Jalan Siliwangi, Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, bakal segera direlokasi. Alasannya, keberadaan tempat itu dinilai sudah tak layak karena berada di titik pengembangan pusat perkotaan.

“Rencananya relokasi dilakukan awal 2019. Saat ini terus diupayakan agar bisa segera dilakukan karena kondisi pasar hewan sekarang sudah tak layak, pusat kemacetan serta masih berada di pusat kota,” ujar Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, dan Koperasi UMKM Kabupaten Cianjur, Himam Haris, kepada wartawan, Rabu (21 November 2018).

Berdasarkan hasil kesepakatan, lanjut Himam, pasar hewan kemungkinan dipindahkan ke Pasar Induk Pasirhayam atau yang berdekatan. Para pedagang pada prinsipnya sudah menyetujui rencana relokasi.

“Minimal nanti pasar hewan mendekati Pasar Induk Pasirhayam,” jelasnya.

Nanti eks pasar hewan rencananya akan dibangun menjadi kantor Kecamatan Cianjur. Sedangkan eks kantor Kecamatan Cianjur akan dijadikan sebagai taman kota hingga Stadion Badak Putih.

“Makanya, mau atau tidak mau, pasar hewan memang harus pindah sebagai bagian pengembangan dan penataan wilayah kota,” ujar Himam.

Himam menegaskan tidak ada pilihan lain dalam kebijakan penataan dan pengembangan pusat perkotaan. Apalagi Kecamatan Cianjur merupakan etalase bagi ibu kota Kabupaten Cianjur.

“Targetnya Januari atau Februari harus sudah mulai dilaksanakan relokasi. Pada prinsipnya kebijakan ini sudah tidak bisa diubah,” tandasnya. (daz)

Comments

comments