Dana Desa Tahap Ketiga Cair, Euy!

0
16

CIANJUR, patas.id – Pencairan Dana Desa di Kabupaten Cianjur memasuki tahap ketiga atau terakhir. Besarannya 20 persen dari nilai keseluruhan Dana Desa yang dianggaran lebih kurang Rp 360 miliar pada tahun ini.

“Pencairan Dana Desa sedang dalam proses. Tahap ketiga ini sebesar 20 persen,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Cianjur, Ahmad Danial, kepada wartawan, Rabu (24 Oktober 2018).

Pencairan Dana Desa dibagi dalam tiga termin. Pencairan tahap pertama sebesar 40 persen, tahap kedua 40 persen, dan terakhir tahap ketiga 20 persen.

“Dengan cairnya Dana Desa tahap ketiga berarti tidak ada masalah dalam pencairan tahap pertama dan kedua. Dana Desa bisa cair ketika laporan pertanggungjawaban tahap sebelumnya sudah selesai. Ini artinya tingkat penyerapan pada tahap pertama dan kedua sudah 100 persen,” jelasnya.

Di Kabupaten Cianjur terdapat 354 desa. Besaran Dana Desa setiap desa berbeda-beda.

“Setiap desa menerima besaran Dana Desa bervariasi. Tidak semua desa menerima besaran Dana Desa yang sama,” ucapnya.

Danial mengatakan pengalokasian Dana Desa tergantung hasil musyawarah di tingkat desa. Artinya, DPMD menyerahkan sepenuhnya kepada aparatur pemerintahan desa sebagai penerima bantuan.

“Itu tergantung musyawarah desa mana yang jadi prioritas dari alokasi Dana Desa tersebut, baik tahap pertama, kedua, maupun ketiga. Kami tak intervensi. Semuanya diserahkan ke desa,” tuturnya.

Ia mengatakan evaluasi pengunaan Dana Desa akan dilakukan di akhir tahun. Sejauh mana Dana Desa itu terserap maksimal setiap desa, kata Danial, tim monitoring dan evaluasi yang melakukannya.

“Evaluasi akan dilakukan setelah penyerapan Dana Desa selesai,” ucap dia.

Danial tak memungkiri masih terdapat oknum kepala desa nakal yang berupaya mempermainkan Dana Desa. Ia akan menyerahkan sepenuhnya kepada aparat penegak hukum jika terdapat oknum kepala desa yang bermasalah.

“Silakan saja ditangani kalau memang ada oknum kades bermasalah dengan hukum,” tandasnya. (daz/*)

Comments

comments