Polisi Amankan Truk Bermuatan Pohon Curian Milik PT Harjasari

0
52

CIANJUR, patas.id – Satu truk bermuatan pohon mahoni curian berhasil diamankan jajaran Satreskrim Polres Cianjur. Pohon mahoni tersebut diketahui milik PT Harjasari yang dicuri dari perkebunan Blok Cintaasih, Kecamatan Gekbrong, Kabupaten Cianjur.

Direktur PT Harjasari, Endriati Tjahjaningsih, menjelaskan, pada 7 Oktober 2018 lalu diketahui ada penebangan pohon oleh orang tak dikenal di area perkebunan milik PT Harjasari. Kemudian, pada 10 Oktober 2018 pohon-pohon yang sudah ditebang itu diangkut keluar dari lokasi perkebunan menuju tempat penggesekan di Sindangkerta, Kecamatan Cilaku.

“Satu truk pengangkut pohon curian itu berhasil kita setop. Kita pun lapor ke Polres Cianjur sehingga anggota polisi berhasil mengamankan truk dan sopir beserta muatannya. Kemungkinan masih ada truk muatan pohon lainnya karena pohon yang ditebang cukup banyak,” ujar Endriati kepada wartawan di Cianjur, Minggu (21 Oktober 2018).

Wanita yang akrab disapa Indri ini menjelaskan, dari keterangan pihak kepolisian, sopir yang berhasil diamankan bernama Nanang, warga Cikaroya, Kecamatan Warungkondang.

“Pohon-pohon itu sedianya akan dibawa ke penggesekan milik Wiharna di Sindangkerta,” imbuh Indri.

Setelah dilakukan pengecekan di lokasi, lanjut Indri, pohon mahoni yang sudah ditebang sebanyak 76 batang. Pohon-pohon yang tumbuh di sepanjang jalan perkebunan tersebut rata-rata berusia sekitar 30 tahun.

“Setelah dihitung-hitung, kerugian kami mencapai Rp 127 juta. Pohon-pohon yang ditebang itu pohon yang sudah berusia puluhan tahun,” tutur Indri.

Sementara itu, Susane Febriyati, kuasa hukum PT Harjasari, mengatakan, pihaknya menyerahkan penanganan kasus ini kepada petugas dari Polres Cianjur. Menurut Susane, pihalnya percaya polisi akan segera menuntaskan kasus yang merugikan PT Harjasari ini.

“Kami menghargai upaya pihak Polres Cianjur yang sudah memproses kasus ini. Kami percaya sama pihak kepolisian,” kata Susane.

Susane berharap kasus ini secepatnya terungkap, sehingga segera diketahui dalang yang ada di belakang pencurian pohon milik perkebunan PT Harjasari ini.

“Kemungkinan ada orang yang menyuruh di belakang kasus penangkapan pencuri pohon milik PT Harjasari ini. Mudah-mudahan polisi secepatnya bisa mengungkap,” tegas Susane. (daz)

Comments

comments