Pemkab Cianjur Bangun Sirkuit Roadrace di Cilaku

0
61

CIANJUR, patas.id – Pemerintah Kabupaten Cianjur berencana membangun sirkuit roadrace di Kampung Ciharashas Desa Sirnagalih Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur. Pemkab telah mengalokasikan anggaran Rp 3,782 miliar dari APBD Perubahan 2018 untuk pembangunan tahap pertama.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupatwn Cianjur, Yudi Ferdiana, menjelaskan, pembangunan sirkuit roadrace ini dilakukan karena kebutuhan yang mendesak. Menurut dia, pemerintah sebelumnya akan membangun sirkuit di lokasi Sport Center di Kecamatan Mande. Namun, karena masih terkendala administrasi lahan, maka pembangunan sirkuit dialihkan ke Kecamatan Cilaku.

“Pemerintah menganggap bahwa pembangunan sirkuit ini sifatnya mendesak untuk memenuhi kebutuhan potensi pembalap di Kabupaten Cianjur. Karena pembangunan Sport Center di Mande masih terkendala administrasi lahan, maka pembangunan sirkuit dialihkan ke Kecamatan Cilaku,” ujar Yudi kepada wartawan, Senin (15 Oktober 2018).

Yudi yang didampingi Kabag Humas dan Protokoler Setda Kabupaten Cianjur, Gagan Rusganda, mengatakan, pembangunan sirkuit di Kecamatan Cilaku bisa segera dilakukan karena status lahannya milik pemerintah. Rencananya, lahan seluas 8,6 hektare akan digunakan untuk pembangunan sirkuit seluas 5 hektare.

“Pembangunan tahap pertama akan dilakukan tahun ini dengan nilai anggaran Rp 3,782 miliar yang bersumber dari APBD Perubahan 2018,” kata Yudi.

Yudi menambahkan, pembangunan tahap pertama untuk lintasan trek sepanjang 1,2 kilometer.

“Lebar trek dari posisi start hingga belokan pertama merupakan jalur lurus 200 meter,” imbuh Yudi.

Yudi berharap hingga akhir tahun pembangunan tahap pertama bisa selesai sehingga bisa dilanjutkan tahap selanjutnya di tahun 2019.

“Pembangunan tahap kedua dan selanjutnya bisa dilakukan tahun depan kalau pembangunan tahap pertama sudah selesai,” tandas Yudi. (daz)

Comments

comments