Bawaslu-FKUB Antisipasi Ujaran Kebencian dalam Pemilu

0
43

CIANJUR, patas.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Cianjur menyambangi Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB), Rabu (10 Oktober 2018). Kedatangan komisioner yang terdiri dari Tatang Sumarna, Yuyun Yunardi, dan Hadi Dzikri Nur diterima Ketua FKUB Kabupaten Cianjur, Muchrodin di Kantor FKUB Jalan Siliwangi Komplek SMPN 1 Cianjur.

Koordinator Divisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat, dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kabupaten Cianjur, Hadi Dzikri Nuur, menjelaskan, agenda pertemuan Bawaslu dengan FKUB tersebut merupakan perkenalan kelembagaan serta menyosialisasikan tugas dan wewenang Bawaslu dalam oerhelatan Pemilu 2019.

“Selain itu kami meminta bantuan FKUB yang anggotanya terdiri dari perwakilan kelompok keagamaan agar berperan aktif dalam proses pengawasan partisipatif pada tahapan Pemilu 2019,” ujar Hadi kepada patas.id, Rabu (10 Oktober 2018).

Lebih spesifik lagi Hadi meminta masing-masing perwakilan membina umatnya dalam tahapan pemilu agar tidak mudah terprovokasi isu-isu yang berkembang. Menurut Hadi, suhu politik menjelang pemilu mulai menghangat.

“Kami melihat di media sosial, benturan warga Cianjur sangat keras karena perbedaan pilihan. Kami pun berharap dalam dunia nyata Bapak-bapak mampu mengurai arus kebencian yang bisa memecah persatuan dan kerukunan umat, khususnya di Cianjur,” kata Hadi.

Pada pertmuan tersebut, Ketua FKUB Kabupaten Cianjur, Muchrodin, menyambut baik silaturahim Bawaslu dengan jajarannya.

“Kami memastikan bahwa anggota FKUB akan melakukan dakwah kepada jamaahnya agar pemilu berjalan tertib, sukses, dan damai,” ujar Muchrodin. (daz/*)

Comments

comments