Satu Keluarga Korban Gempa Palu Tiba di Cianjur

0
14

CIANJUR, patas.id – Satu keluarga korban bencana gempa dan tsunami Palu-Donggala, Sulawesi Tengah, asal Cianjur tiba di kantor BPBD Kabupaten Cianjur, Senin (8 Oktober 2018) malam sekitar pukul 19.00 WIB. Mereka pulang dalam keadaan selamat dan tak terluka sedikitpun kendati rumah mereka ikut hancur terkena gempa.

Satu keluarga yang pulang terdiri dari enam dewasa dan satu orang anak. Perwakilan keluarga, Novianty Rachmi (60 tahun) mengatakan, keluarganya baru pulang karena sempat membuka posko penampungan untuk warga Jawa Barat di lokasi bencana.

Namun karena keluarga di Cianjur khawatir, maka keluarga pulang setelah dua pekan membantu sesama warga Jawa Barat dengan membuka tempat penampungan.

“Mereka di sana membuka tempat penampungan, alhamdulillah semuanya selamat,” kata Kepala BPBD Kabupaten Cianjur, Dodi Permadi, kepada wartawan, Senin (8 Oktober 2018).

Dodi mengatakan, keluarga korban asal Cianjur ini sudah menetap dan bekerja di kantor BPPOM Palu.

“Pas kejadian rumah mereka hancur namun semua anggota keluarga selamat. Mereka berinisiatif membuka posko penampungan khususnya untuk warga Jawa Barat,” katanya.

Satu keluarga ini tercatat sempat tinggal dan masih ada kerabatnya di Perumahan BTN Rancabali, Kelurahan Bojongherang, Kecamatan Cianjur.

“Jadi keluarga di Cianjur minta pulang, mereka ingin kerabatnya yang terkena bencana menenangkan diri dulu di Cianjur sambil menunggu proses rehabilitasi,” ujar Dodi.

Dodi mengatakan pihaknya sudah berinisiatif menjemput mereka ke Palu, namun karena keluarga khawatir akhirnya mereka pulang lebih awal.

“Tadi kami ikut menjemput di bandara semua dalam kondisi sehat walfaiat, kami terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah di Palu untuk melakukan pendataan terkait warga Cianjur di sana,” kata Dodi.

Sementara itu, H Aris Mulkan, salah seorang kerabat korban, mengaku senang keluarganya sudah pulang dengan selamat ke Cianjur. Untuk sementara, kata dia, keluarga korban ini tinggal di Cianjur untuk menghilangkan trauma pascabencana.

“Kami bersyukur mereka selamat. Kami juga mengucapkan terima kasih atas bantuan Pemkab Cianjur, khususnya Pak Bupati, Pak Wabup, dan pihak BPBD Kabupaten Cianjur yang sudah membantu pemulangan keluarga kami,” kata Aris. (daz/*)

Comments

comments